Musim Hujan Datang

BPBD Rohul Ingatkan Warga DAS Waspada Banjir

BPBD Rohul Ingatkan Warga DAS Waspada Banjir
PASIRPENGARAIAN(RIAUSKY.COM) - Beberapa hari terakhir  intesitas hujan di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) cukup tinggi.  Untuk itu  Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Rohul, Menghimbau seluruh warga, khusunya yang berada di Daerah Aliran Sungai (DAS) agar meningkatkan kewaspadan terhadap potensi banjir.
 
Menurut Kepala BPBD Rohul, Aceng HerdianaST.MM, Rabu (4/11) di Pasirpengarian,  Dari Pantauan dilapangan, Debet Air di beberapa sungai besar di Rohul Seperti sungai Rokan Kiri, Rokan Kanan, dan sungai Sosah, mulai menunjukan peningkatan. Kondisi ini menyebabkan beberapa Kecamatan yang di lalui sungai-sungai Besar  seperti Kecamatan Rambah, Rambah Hilir, Kepenuhan Hulu, Kepenuhan, Bonai Daruslam, Tambusai, Rambah Samo,  Pagaran Tapah dan Tandun bisa dilanda banjir kapan saja.
 
" Saya menghimbau masyarakat khususnya yang Berada di Daerah aliran sungai untuk waspada mengingat bulan November ini diperkirakan intensitas hujan meningkat, jika ada potensi-potensi Banjir, segera Laporkan Ke BPBD Rohul, Kami siap memberikan bantuan untuk evakuasi dan  pengurungan dampk Bencana" Ujarnya.  
 
Disinggung tentang persiapan BPBD Rohul dalam menghadapi musibah banjir, yang sudah menjadi bencana musiman, Aceng menegaskan, bahwa BPBD Rohul, sudah melakukan berbagai langkah persiapan. Selain sudah menyipakan Rambu-rambu evakuasi di Desa-desa Rawan Banjir.
 
"Peralatan-peralatan Evakuasi seprti Perahu Karet, Tenda Pengungsian dan juga Personil,  juga sudah siap, semua itu siap  24 jam untuk memberikan Pelayanan dan pertolongan kepada warga jika nantinya banjir datang tiba-tiba" tutur Aceng.
 
Lebih Jauh, disinggung tentang  kesiapan  logistik korban banjir , aceng menyatakan Khusus untuk hal itu, merupakan tanggung jawab dan wewenang dari Dinas Sosial Tenaga kerja dan transmigrasi. "BPBD Rohul tetap berkoordinasi dengan Dinsosnakertrans untuk bahu membhu membntu masyarakat, dalam menanggulangi banjir" tutupnya. (RO3)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index