Ingin Berinvestasi di Pekanbaru, Klik Aplikasi SIMOLEK, Pasti Urusan Jadi Lebih Mudah...

Ingin Berinvestasi di Pekanbaru, Klik Aplikasi SIMOLEK, Pasti Urusan Jadi Lebih Mudah...
Aplikasi Simolek.

PEKANBARU (RIAUSKY.COM)- Perkembangan teknologi pada prinsipnya dikembangkan untuk memberikan kemudahan, kepuasan dan kenyamanan kepada publik.

Berbekal alasan itu pula, Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Pekanbaru berupaya mengembangkan aplikasi yang bisa menerapkan prinsip pelayanan cepat, tepat, mudah dan murah kepada para calon investor yang berniat untuk berinvestasi di Kota Pekanbaru. 

Disebutkan Kepala DPMPTSP Pekanbaru, M Jamil, setelah melalui sejumlah proses, akhirnya, DPMPTSP Pekanbaru memperkenalkan aplikasi SIMOLEK. 

Sebuah layanan aplikasi yang ditujukan untuk memudahkan para investor memastikan proses perizinan yang mereka jalani berjalan sesuai dengan waktu dan biaya tanpa harus bersusah payah datang langsung ke kantor DPMPTSP.

Bahkan, tak hanya bisa dicek malalui layar PC, SIMOLEK  disiapkan dalam moda yang lebih VIP, dimana dia bisa digunakan melalui layar android atau handphone pintar.

Ya, SIMOLEK memberikan layanan kelas VIP kepada seluruh investor baik itu lokal maupun luar daerah Pekanbaru. 

Alasan penggunaan aplikasi SIMOLEK  ini sendiri berawal dari asumsi bahwa saat ini, teknologi IT sudah begitu melekat di tengah masyarakat.

Teknologi itu bahkan hampir merata ada di genggaman publik. Tak terkecuali pelaku usaha. 

Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Pekanbaru kembali meraih penghargaan bergengsi,  sebagai salah satu Kota Terbaik di Indonesia dengan untuk  Attractiveness Award 2017.

''Sekarang ini kan seluruh pengusaha rata-rata sudah menggunakan handphone android. Nah, SIMOLEK ini juga ditujukan untuk kemudahan mengakses proses perizinan yang berikan. Jadi para investor cukup mendownload Aplikasi SIMOLEK Mobile DPM-PTSP dan mereka bisa mengakses  langsung proses izin usaha yang mereka urus, prosesnya dan tahapan-tahapan selanjutnya yang akan dilalui.

Para pelaku usaha juga bisa langsung melakukan pengecekan terhadap proses yang sedang dilalui dari pengurusan perizinan yang dilakukan. 

 “Jadi, dengan begitu, pengusaha tidak perlu antre dan repot-repot lagi datang ke kantor kami. Cukup lewat HP saja, bisa mengetahui sampai dimana proses perizinan yang mereka urus. Jika sudah siap mereka tinggal ambil,” papar Kepala DPMPTSP Pekanbaru, M Jamil, memperkenalkan aplikasi SiMOLEK.

Selain itu, ditambahkan dia, DPM-PTSP juga berencana mengembangkan tanda tangan elektronik yang tujuannya untuk memberikan kemudahan kepada seluruh investor dan percepatan proses perizinan. 

“Jadi, jika Kepala DPM-PTSP sedang pergi dinas luar kota, anda tidak perlu risau proases pengurusan izin akan menjadi lama karena harus menunggu pejabat terkait kembali bertugas. Karena setiap berkas yang masuk akan langsung bisa ditandatangani melalui aplikasi tandatangan elektronik. Jadi semakin mudah dan cepat,”  imbuh Jamil.

Upaya yang dilakukan dinas itu tidaklah sia-sia. Belum lama ini Pemko Pekanbaru kembali menerima penghargaan sebagai Kota terbaik Indonesia Attractiveness Award (IAA) tahun 2017 dari Tempo Media Group bekerjasama dengan Frontier Consulting Group di Ball Room The Weisten Jalan Rasuna Said Jakarta.

Acara ini merupakan ajang pemberian penghargaan untuk pemerintah kabupaten, kota dan provinsi. IAA memberikan penghargaan untuk 26 kategori, sedangkan Kota Pekanbaru sendiri menjadi pemenang Indonesia Attractiveness Award 2017 dengan Kategori Kota Terbaik Index 80.79

Penghargaan ini langsung diterima oleh Walikota Pekanbaru Firdaus didampingi Setdako Pekanbaru M Noer dan Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kota Pekanbaru, Muhammad Jamil. 

"Terpilihnya Kota Pekanbaru sebagai pemenang Indonesia Attractiveness Award 2017 menunjukkan adanya potensi besar Kota Pekanbaru untuk dapat menarik minat para investor berbagai industri dan pelaku bisnis," kata Walikota Pekanbaru, Firdaus.

Dalam cakupan makro, ungkap dia lagi, nilai investasi yang masuk ke Kota Pekanbaru terus menggeliat di bawah kepemimpinan Firdaus-Ayat. 

Berdasarkan data Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Pekanbaru, sepanjang tahun 2017, investasi di Pekanbaru sudah mencapai Rp4,2 triliun. "Target investasi kita untuk tahun ini sebesar Rp4,7 triliun. Sementara triwulan ke III, sudah mencapai Rp4,2 triliun," kata Kepala Dinas PMPTSP Kota Pekanbaru, Muhammad Jamil.

Besaran nilai investasi tersebut sebenarnya sudah diluar perkiraan dari Pemerintah Kota Pekanbaru. 

Jamil, menyebutkan, bentuk investasi tersebut merupakan implementasi kepercayaan investor untuk menanamkan modalnya di Pekanbaru.(*Advertorial/Kominfo/DPMPTSP)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index