Hendri: Kampar Kini Jadi Daerah Pertanian Terbaik Nasional

Hendri: Kampar Kini Jadi Daerah Pertanian Terbaik Nasional

 

BANGKINANG (RIAUSKY.COM) - Sektor pertanian di Kabupaten Kampar Provinsi Riau terus berkembang dan saat ini telah menjadi satu daerah dengan hasil pertanian terbaik nasional.
 
Demikian diungkapkan oleh Kepala Dinas Pertanian Kampar Hendri Dunan.
 
"Sebelumnya pada tahun 2015 kami juga telah berhasil melakukan panen di Desa Simpang Kubu, Kecamatan Kampar. Keberhasilan ini juga adanya peran serta KODIM 0313 Kpr yang didukung dinas pertanian. Waktu itu kami berhasil meningkatkan posisi Kampar menjadi urutan ke 40 dari 500 kabupaten/kota se Indonesia atas keberhasilan bidang pertanian," kata Dunan.
 
Program Upaya Khusus peningkatan padi, jagung dan kedele yang dicanangkan Pemerintah Pusat kepada TNI untuk menjaga ketahanan pangan kata dia juga sangat didukung oleh Pemerintah Kabupaten Kampar.
 
Di atas lahan seluas 70 hektar, demikian Dunan, ada beberapa petak sawah yang ditanami padi varietas 1-82 dan nantinya akan dioptimalkan menjadi 2 kali tanam dalam setahun.
 
"Selama ini kita memang ada kegiatan dibidang pertanian namun dengan ditambahnya kebijakan pusat meningkatkan produksi pertanian dan dibantu peran serta tni maka dinas pertanian semakin terbantu, karena selama ini sulit mencari motor penggerak di lapangan padahal penggerak ditingkat bawah itu yang sangat sulit," kata Dunan.
 
Selain itu, kata dia, pihaknya mengapresiasi wilayah pertanian yang ada di Desa Petapahan karena notabene wilayah Tapung sangat familiar dengan kawasan perkebunan sawit. (R09)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index