Ke Riau, Ini Tiga Permintaan Pemprov Riau ke Mendagri

Ke Riau, Ini Tiga Permintaan Pemprov Riau ke Mendagri

 

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Kunjungan Kerja Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo ke Provinsi Riau dimanfaatkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau untuk menyampaikan permintaan, agar dapat di realisasikan Mendagri.
 
Adapun tiga permintaan tersebut disampaikan langsung oleh Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Riau H Arsyadjuliandi Rachman. Pertama adalah  percepatan penyelesaian Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Provinsi Riau.
 
"Ini sangat penting, karena selama ini RTRW ini menjadi persoalan serius yang dihadapi Provinsi Riau, dalam melaksanakan berbagai program pembangunan," kata Plt Gubri dalam pertemuan yang dilaksanakan di Balai Serindit Gedung Daerah tersebut, Jumat (22/1).
 
Kemudian yang kedua, seiring dengan terus berkurangnya Dana Bagi Hasil (DBH), Pemprov Riau berharap diberikannya peningkatan alokasi dan pemerintah pusat, seperti Dana Alokasi Umum (DAU) dan Dana Alokasi Khusus (DAK).
 
"Ini merupakan sebagai pendanaan alternatif dari pengurangan DBH, karena bagaimanapun kami di Provinsi Riau, sangat membutuhkan dana yang sangat besar dalam membangun negeri ini," pungkasnya.
 
Terakhir yang diminta Plt Gubri adalah bagaimana pemerintah pusat diharapkan dapat melakukan percepatan pembangunan proyek strategis di Riau, seperti jalan Tol Pekanbaru-Dumai, Rel Kereta Api Sumatera, dan peningkatan ekonomi dan lapangan kerja melalui sektor pembangunan pelabuhan dan lainnya.
 
"Karena untuk tol Pekanbaru-Dumai, dan juga pembangunan rel kereta api, lahan yang akan dijadikan lokasi pembangunannya telah dibebaskan, jadi kita berharap, pak Menteri bisa mengakomodir keinginan kami di Provinsi Riau ini," ungkapnya. (R02)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index