Ada Keluhan Tentang Pelayanan Disdukpencapil Inhil? Sampaikan Melalui SMS Gateway

Ada Keluhan Tentang Pelayanan Disdukpencapil Inhil? Sampaikan Melalui SMS Gateway

TEMBILAHAN (RIAUSKY.COM) - Untuk memberikan kemudahan dalam mengakses informasi administrasi kependudukan bagi masyarakat Inhil,  Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukpencapil) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) menjalin kerjasama dengan operator telekomunikasi seluler Telkomsel untuk meluncurkan program SMS Gateway.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukpencapil) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), MJ Verman Rabu (24/2).

"Saat ini, kami (Disdukcapil, red) sedang membangun SMS Gateway. Kami menjalin kerjasama dengan pihak Telkomsel Tembilahan. Ini merupakan inisiatif kami untuk mempermudah masyarakat Inhil dalam mengakses informasi ataupun mempermudah kami dalam menyampaikan informasi tentang administrasi kependudukan maupun hal-hal yang berkaitan dengan kami," tukas MJ Verman.


"Meskipun kami saat ini telah memiliki SMS Center yang dioperasikan secara manual. Masyarakat juga dapat menyampaikan keluhan kepada kami melalui SMS Gateway ini, nantinya. Tapi, sebatas keluhan untuk Disdukpencapil Kabupaten Inhil, bukan yang berada di daerah-daerah, ya," tambahnya.

MJ Verman mengatakan bahwa, pihaknya akan memilih opsi termudah bagi masyarakat dalam hal pelayanan, terutama dalam hal informasi berbasis teknologi.

"Kami merasa penerapan SMS Gateway akan lebih mudah dioperasikan bagi masyarakat, jika dibandingkan dengan penerapan situs online untuk menyampaikan informasi. Karena, tidak semua kalangan masyarakat yang paham akan teknologi terkini, berupa gadget ataupun komputer," ujarnya.

Lebih lanjut, MJ Verman memaparkan mengenai mekanisme SMS Gateway nanti.

"Misalnya, seorang masyarakat sebelum datang ke Disdukpencapil ingin mengetahui persyaratan untuk membuat KK (Kartu Keluarga) baru. Maka, dia bisa memilih opsi yang tersedia dalam layanan SMS Gateway yang berbentuk kode. Ataupun sebaliknya, kami ingin mempublikasikan informasi terbaru, entah itu berupa kebijakan, aturan atau persyaratan tentang administrasi kependudukan. Maka, kami akan menginformasikannya melalui layanan SMS Gateway ini, yang mana SMS nya nanti langsung masuk ke tiap-tiap mayarakat Inhil," papar MJ Verman.

Terakhir, MJ Verman berharap agar Program Layanan SMS Gateway ini dapat segera dilaksanakan.

"Masih ada proses yang harus dilalui. Saat ini, rencana ini masih dalam tahap pengembangan oleh pihak Telkomsel. Tentunya, saya berharap agar program layanan SMS Gateway dapat direalisasikan pada tahun ini (2016, red)," tutup MJ Verman. (R17)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index