Jadi Role Model PTSP, Banyak Daerah Studi Banding ke Disdukcapil Pekanbaru

Jadi Role Model PTSP, Banyak Daerah Studi Banding ke Disdukcapil Pekanbaru

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Men-PAN RB) mengapresiasi pelayanan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pekanbaru.

 
Setelah meraih peringkat 11 menjadi role model pelayanan satu pintu (PTSP) se-Indonesia, beberapa daerah melakukan studi banding ke Disdukcapil Kota Pekanbaru.
 
Studi banding yang dilakukan oleh beberapa daerah yakni untuk mencontoh inovasi dan pelayanan yang diberikan kepada masyarakat.
 
Kepala Disdukcapil Kota Pekanbaru Baharuddin menagatakan Kabupaten Kuantan Singingi melakukan kunjungan ke Disdukcapil Kota Pekanbaru. 
Dalam pertemuan yang dipimpin oleh Ketua DPRD Kabupaten Kuansing tersebut, salah satu yang dibahas adalah kemudahan dan pelayanan yang telah diberikan Disdukcapil kepada masyarakat Pekanbaru.
 
"Studi banding yang dilakukan tentunya untuk mencontoh inovasi yang telah kami lakukan dalam memberikan pelayanan yang mudah dan cepat bagi masyarakat Pekanbaru," kata Baharuddin, Selasa, 1 Maret 2016
 
Dikatakan Bahar, dalam memberikan kemudahan pihaknya telah melakukan kerjasama dengan Rumah Sakit di Pekanbaru. Selain itu, Ia juga terus memberlakukan jemput bola kepada masyarakat salah satunya mengaktifkan mobil layanan keliling.
 
"Itu salah satu upaya kami dalam memberikan kemudahan bagi masyarakat. Jadi begitu lahir, anak sudah langsung mendapatkan akte," jelasnya.
 
Dikatakan Bahar, layanan di UPTD Kecamatan juga mendapatkan sorotan karena tidak semua daerah memiliki UPTD Disdukcapil. Untuk itu, Ia berharap masyarakat Pekanbaru lebih sadar diri mengurus administrasi kependudukan.
 
"Kita inginkan masyarakat betul-betul sadar mengurus surat administrasi. Untuk itu, kepada RT,RW, Lurah dan camat terus mensosialisasikan mudahnya mengurus KTP, termasuk pembuatan akte anak dan akte kematian," tutupnya. (R05)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index