HUT Damkar Ke-97, Kapolres: Stop Kebakaran dan Pencemaran Asap

HUT Damkar Ke-97, Kapolres: Stop Kebakaran dan Pencemaran Asap
Hadi Wicaksono

TEMBILAHAN (RIAUSKY.COM) - Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Pemadam Kebakaran (Damkar) Ke-97 tahun 2016, Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Indragiri Hilir menggelar Apel yang disempenakan dengan Upacara Hari Kesadaran Nasional dan Apel Siaga Sensus Ekonomi di halaman Kantor Bupati, Jalan Akasia No. 1, Tembilahan, Kamis, 17 Maret 2016 kemaren.

 
Dalam apel yang dipimpin langsung oleh Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Kabupaten Inhil, AKBP Hadi Wicaksono turut hadir Bupati Inhil, HM Wardan, Ketua DPRD Inhil, Dani M. Nursalam, unsur Forkopimda lainnya, pejabat TNI dan Polri, Kepala BPS Inhil, Kepala BPBD Inhil, segenap pejabat Dilingkungan Pemda Inhil, Ketua dan Pengurus Dharma Wanita Persatuan, serta Petugas Pemadam Kebakaran Kabupaten Inhil.
 
Dalam sambutannya, Hadi mengucapkan rasa syukur kepada Allah SWT atas terselenggaranya apel tersebut dan terima kasih kepada para peserta apel yang telah bersedia hadir saat itu.
 
Hadi mengatakan bahwa tanggal 1 Maret merupakan hari yang bersejarah bagi petugas pemadam kebakaran. Selain itu, Hadi mengatakan bahwa petugas pemadam kebakaran tidak hanya semata-mata bertugas memadamkan api, melainkan terdapat tugas-tugas kemanusiaan lainnya.
 
Lebih lanjut, Hadi mengatakan bahwa petugas pemadam kebakaran harus senantiasa menjalankan Panca Dharma yang merupakan Tugas Pokok dan Fungsinya. Selain itu, harus senantiasa berorientasi pada Motto Pemadam Kebakaran itu sendiri.
 
Selanjutnya, Hadi juga mengapresiasi kinerja para petugas pemadam kebakaran, bahwa profesi pemadam kebakaran merupakan profesi yang mulia. Petugas pemadam kebakaran merupakan pahlawan tanpa tanda jasa, yang senantiasa menyelamatkan nyawa seseorang, tanpa memikirkan keselamatan dirinya.
 
Sekali lagi, Hadi mengajak masyarakat untuk lebih responsif terhadap bencana kebakaran yang sewaktu-waktu dapat terjadi dan merugikan banyak pihak, baik moril maupun materiil.
 
Hadi menjelaskan bahwa sebenarnya bencana kebakaran dapat dihentikan melalui aksi pemadaman dini, karena kebakaran mayoritas disebabkan oleh kesalahan manusia. Jika, tidak dilakukan pemadaman dini, tentu akan berdampak pada penyebaran asap, tidak hanya secara lokal bahkan lintas nasional.
 
Terakhir, Hadi mengucapkan Dirgahayu Pemadam Kebakaran yang Ke-97 tahun 2016. Dan meminta kepada para petugas untuk terus meningkatkan kemampuan mereka dan senantiasa berusaha semaksimal mungkin untuk memadamkan api tanpa ada kata menyerah. (R17)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index