Gratis, Pelaku Usaha di Pekanbaru Makin Banyak Urus IUMK

Gratis, Pelaku Usaha di Pekanbaru Makin Banyak Urus IUMK
Ismet Inono

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Kesadaran pelaku usaha di Kota Pekanbaru untuk mengurus Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK) semakin meningkat. Demikian dikatakan Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Riau, Ismet Inono, Senin 11 Maret 2016.

 
Ia mengatakan, pelaku usaha yang sudah mengurus dan mengantongi IUMK di Kota Pekanbaru mencapai 3.000 lebih dan kondisi itu terus diperbaharui karena seluruh kecamatan sudah terhubung dan bisa memantau melalui gadget masing-masing.
 
"Dari jumlah keseluruhan pelaku usaha yang mengurus dan memiliki kartu IUMK, khususnya di Pekanbaru yang paling banyak berada di Kecamatan Tenayan Raya yaitu lebih 800 pelaku usaha," ungkapnya.
 
Ia menyampaikan, keuntungan bagi pelaku usaha memiliki IUMK, diantaranya adalah terdata sebagai masyarakat memiliki identitas diakui negara menjadi pelaku usaha, kemudian yang memiliki kartu IUMK akan menjadi skala prioritas untuk mendapatkan pembinaan dan paling berhak mendapatkan dana Kredit Usaha Rakyat (KUR).
 
Sementara, Sekretaris Dinas Koperasi dan UMKM Kota Pekanbaru, Ardiansyah mengatakan bahwa pihaknya selalu mendorong pelaku usaha untuk mengurus IUMK.
 
"Pelaku usaha cukup membawa KTP dan KK ke kecamatan, kemudian mengisi formulir, lalu disurvei memastikan usaha yang digeluti, kemudian pelaku usaha bisa memiliki IUMK secara gratis," tutupnya. (R05)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index