Antisipasi Konflik, Wako Imbau Ormas Jangan Lakukan Sweeping

Antisipasi Konflik, Wako Imbau Ormas Jangan Lakukan Sweeping
Dr Firdaus ST MT
PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Menghindari konflik yang sangat mungkin terjadi, Wali Kota (Wako) Pekanbaru Dr H Firdaus ST MT meminta organisasi masyarakat (ormas) yang ada di Kota Pekanbaru untuk tidak melakukan sweeping saat Ramadhan nanti. 
 
Sweeping oleh ormas di bulan Ramadan kadang kala terjadi. Biasanya, sasaran sweeping adalah tempat hiburan malam dan kegiatan-kegiatan lainnya yang dinilai menodai kesucian bulan Ramadan dan mengganggu kekhusyukan umat muslim beribadah.
 
Terkait ini, Wako Pekanbaru mengimbau agar jangan ada ormas yang melakukan sweeping. Pemko Pekanbau sudah menyiapkan aturan yang membatasi operasional tempat hiburan malam serta rumah makan. Aturan ini juga akan diikuti dengan pegawasan yang tegas. 
 
"Agar tidak mengambil kebijakan dan tindakan sendiri," imbaunya kepada ormas, pada Ahad, 5 Juni 2016.
 
Wako mengapresiasi kepedulian ormas dan elemen-elemen masyarakat untuk menjaga kesucian Ramadan. Namun penindakan terhadap tempat-tempat yang membandel tetaplah merupakan kewajiban aparat. 
 
"Kami tentu mengapresiasi kepedulian ormas, tapi tetap mereka tidak dibenarkan mengambil tindakan sendiri," ujarnya.
 
Karena itu pula, jika ormas dan elemen masyarakat lainnya menemukan adanya kegiatan-kegiatan yang mengganggu keteriban dan melanggar aturan yang dikeluarkan pemerintah, hendaknya temuan itu dikoordinasikan dengan aparat terkait. 
 
"Kami minta bersinergi dengan pemerintah. Ini agar tidak terjadi bentrok," tuturnya mengakhiri. (R05)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index