Tak Hanya Daging, Harga Wortel di Pekanbaru Malah Naik Dua Kali Lipat

Tak Hanya Daging, Harga Wortel di Pekanbaru Malah Naik Dua Kali Lipat
Mas Irba Sulaiman
PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Hari ke 10 Ramadhan, harga wortel di Pekanbaru mengalami kenaikan yang signifikan. Harga wortel Rabu, 15 Juni 2016 di angka Rp20.000 per kilogramnya.
 
Kepala Bidang (Kabid) Perdagangan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru Mas Irba H Sulaiman mengatakan memang tahun ini kenaikan wortel mencapai 100 persen. 
 
"Sudah 4 hari ini wortel mengalami kenaikan. Sebelumnya harga wortel itu berkisar di angka Rp6.000 sampai Rp7.000. Tapi sekarang sudah mencapi Rp15.000 bahkan di beberapa pasar tradisional sudah ada yang menjual wortel dengan harga Rp20.000," ujarnya.
 
Ia mengatakan kenaikan ini terjadi karena banyaknya permintaan dari masyarakat akan wortel selama Ramadan. 
 
"Itu karena memang kan kalau Ramadhan ini banyak yang buat makanan dengan bahan wortel seperti risol, pastel, bakwan, sup. Makanya karena memang permintaan tinggi harga juga semakin tinggi," ungkapnya.
 
Untuk pasokan, Irba mengatakan Pekanbaru selama ini memasok wortel dari Medan dan juga Sumbar. 
 
"Kedua daerah tersebut masih relatif murah untuk harga wortelnya. Kalau untuk daerah lain seperti Jambi, harga wortel disana malah lebih mahal. Gimana kalau kita ambil dari Jambi, mau dijual berapa di Pekanbaru ini," ungkapnya.
 
Lebih lanjut Ia mengimbau pedagang untuk tidak semena-mena menetapkan harga. "Jangan gara-gara permintaan tinggi, harga dinaikkan juga setinggi-tingginya. Kita harap ini tidak terjadi," imbaunya. (R05)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index