Saat Lebaran, Diskes Pelalawan Pastikan Pelayanan Kesehatan Buka 24 Jam

Saat Lebaran, Diskes Pelalawan Pastikan Pelayanan Kesehatan Buka 24 Jam
dr Endid Romo Pratiknyo
PANGKALAN KERINCI (RIAUSKY.COM) - Warga Kabupaten Pelalawan tidak perlu khawatir akan pelayanan kesehatan selama Hari Raya Idul Fitri 1437 Hijriah atau lebaran nanti. 
 
Pasalnya, Dinas Kesehatan (Diskes) Kabupaten Pelalawan memastikan pelayanan kesehatan di Puskesmas setiap Kecamatan akan beroperasi selama 24 jam dan tetap optimal. Disamping itu, Diskes juga tetap terus melakukan pemantauan kesiapan pelayanan kesehatan dan jaringannya selama masa liburan panjang tersebut.
 
Informasi ini dibeberkan Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) kabupaten Pelalawan dr Endid Romo Pratiknyo, Kamis (23/6/2016) di Pangkalankerinci. 
 
Katanya, dengan siaganya seluruh puskesmas saat lebaran diharapkan bisa memenuhi kebutuhan masyarakat akan pelayanan kesehatan dengan optimal. Pelayanan 24 jam di puskesmas merupakan bentuk pelayanan prima kepada masyarakat pada Hari Raya Idul Fitri.
 
"Untuk itu, maka saya menginstruksikan seluruh puskesmas tetap buka selama 1 x 24 jam dengan pengaturan sif dan jadwal yang jelas. Dan saya meminta kepada mereka (puskesmas,red) untuk siaga terhadap menyebarnya penyakit-penyakit yang berpotensi berkembang menjadi kasus Keadaan Luar Biasa (KLB) ditengah-tengah masyarakat," ujarnya.
 
Lanjut mantan Direktur RSUD Selasih ini, kebijakan ini setiap tahunnya dilakukan pihaknya saat lebaran untuk memberikan jaminan pelayanan kesehatan yang optimal kepada warga. Sedangkan saat ini, jumlah puskesmas di Kabupaten Pelalawan sudah sangat memadai, yakni 13 puskesmas di 12 kecamatan. Bahkan untuk puskesmas kecamatan sudah beroperasi selama 24 jam.
 
"Jadi, kita akan semaksimal mungkin agar bidang pelayanan kesehatan ini dapat melayani seluruh masyarakat tanpa terkecuali. Pada hari raya idul fitri nanti, layanan yang tutup cuma di bagian adminstrasi saja," pungkasnya. (R11)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index