Motivasi Pelaku Usaha, BI Riau Gelar Temu Responden 2018

Motivasi Pelaku Usaha, BI Riau Gelar Temu Responden 2018

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Rutin digelar, Bank Indonesia Kantor Perwakilan Riau kembali menggelar acara temu responden 2018, Kamis (30/8/18). 

Puluhan pelaku usaha dan dari pemerintah daerah setempat yang selama ini menjadi sumber data Bank Indonesia mengikuti kegiatan tersebut.

Manager Data Statistik Ekonomi dan Keuangan Bank Indonesia Kantor Perwakilan Riau, Jonataruli Sidabalok menyebut kalau peran responden sangat penting terkait perkembangan ekonomi secara general. 

Hal itu terkait sikap objektivitas para responden di lapangan merupakan bahan utama dalam rumusan regulasi.

"Kebutuhan akan data menjadi sangat penting begitu juga dengan peran dari responden selaku eksekutor dalam setiap realisasi survei yang dilakukan Bank Indonesia. Salah satu wujud nyata dari kemitraan tersebut berupa pertukaran informasi secara terbuka," terangnya. 

Seperti diketahui, BI memegang peranan penting dalam upaya mencapai dan memelihara kestabilan nilai mata uang rupiah melalui penetapan kebijakan di bidang moneter, sistem keuangan, dan stabilitas sistem pembayaran. 

Menurut Jonataruli, beberapa survei yang rutin dilakukan oleh Bank Indonesia Perwakilan Riau di antaranya bekenaan dengan aspek konsumen, penjualan eceran, dunia usaha, properti residensial primer dan sekunder, pemantauan harga mingguan, properti komersial, serta lainnya.

Disamping itu katanya, BI Riau terus memotivasi para pelaku usaha untuk terus berkembang. Untuk itu mesti ada mental perubahan guna kemajuan dalam usaha bisnisnya tersebut.

"Kita memberi pandangan bahwa dunia saat ini sedang berubah dan kita mesti ikut dalam perubahan itu.Kalau tidak, maka kita akan ketinggalan," ujar Jonata Ruli kepada wartawan.

Pelaku usaha lanjut Jona, harus melakukan perubahan dalam proses bisnis usahanya. Misalnya bisnis hotel jika hanya mengandalkan tamu yang datang, tentu akan ditinggalkan kliennya.

"Inilah yang kita edukasi kepada pelaku usaha. Jika mereka kreatif maka usaha akan maju dan perekonomian akan tumbuh berkembang," jelasnya lagi.

Oleh karena itu BI Riau menghadirkan motivator untuk memotivasi puluhan pelaku usaha dan dari pemerintah daerah setempat yang selama ini menjadi sumber data Bank Indonesia mengikuti kegiatan tersebut. (R02)

Listrik Indonesia

#Bank Indonesia

Index

Berita Lainnya

Index