RESMI...KPU Tetapkan Jokowi-Ma'ruf dan Prabowo-Sandi sebagai Capres-Cawapres, Besok Pengambilan Nomor Urut

RESMI...KPU Tetapkan Jokowi-Ma'ruf dan Prabowo-Sandi sebagai Capres-Cawapres, Besok Pengambilan Nomor Urut

RIAUSKY.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno sebagai pasangan calon presiden yang berkompetisi dalam Pemilu Presiden 2019. 

Penetapan ini dilakukan setelah KPU melakukan verifikasi dokumen dan melihat hasil tes kesehatan kedua pasangan tersebut. 

"Dua pasangan calon yang telah mendaftar ke KPU Joko Widodo-Ma'ruf Amin serta Prabowo Subianto-Sandiaga Uno dinyatakan memenuhi syarat sebagai pasangan calon presiden dan wakil presiden peserta pemilu 2019," kata Ketua KPU Arief Budiman dalam jumpa pers di Kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta, Kamis (20/9/2018). 

Penetapan tersebut dituangkan dalam keputusan Komisi Pemilihan Umum Nomor 1131/PL.02.2-KPT/06/IX/2018 tentang penetapan calon presiden dan calon wakil presiden pemilihan umum tahun 2019. 

Pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin diusung PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai Kebangkitan Bangsa, Partai Nasdem, Partai Persatuan Pembangunan, dan Partai Hanura. 

Sementara pasangan Prabowo-Sandiaga diusung Partai Gerindra, Partai Demokrat, Partai Amanat Nasional dan Partai Keadilan Sejahtera.

Kemudian Jumat (21/9) besok, KPU menjadwalkan agenda pengambilan nomor urut bagi dua pasangan bakal capres cawapres. Khusus untuk agenda pengambilan nomor urut, KPU membatasi jumlah massa pendukung capres cawapres yang datang ke Kantor KPU. 

Komisioner KPU RI, Ilham Saputra mengatakan pihaknya membatasi tiap pasangan calon hanya boleh membawa 150 pendukung.

"Massa pendukung itu nanti di bawah seratus orang untuk masing-masing calon. Kemudian 50 orang yang akan masuk ke dalam," jelasnya di Kantor KPU RI, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Kamis (20/9).

Untuk persiapan pengambilan nomor urut, persiapan telah dilakukan KPU. Salah satunya menyiapkan tempat untuk para pendukung di halaman kantor. Di halaman kantor ini telah dibangun tenda tinggi untuk menampung para massa pendukung. (R04)

Listrik Indonesia

#Pilpres RI 2019

Index

Berita Lainnya

Index