Edwar Sanger Sebut Riau Berhasil Bebas Asap Tiga Tahun Berturut-turut

Edwar Sanger Sebut Riau Berhasil Bebas Asap Tiga Tahun Berturut-turut

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau secara resmi telah mencabut status siaga darurat bencana kebakaran hutan dan lahan (karhutla) saat rapat rapat pencabutan status siaga darurat penanggulangan bencana kebakaran hutan dan lahan dan penetapan status siaga darurat banjir dan longsor, Jumat (30/11/2018).

Terkait dengan pencabutan status tersebut, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, Edwar Sanger mengatakan bahwa Provinsi Riau telah berhasil mempertahankan Riau bebas asap dalam 3 tahun berturut-turut.

"Alhamdulillah, Tahun ini Riau kembali bebas asap, artinya Riau telah berhasil mempertahankan bebas asap tiga tahun berturut turut yakni pada tahun 2016, 2017 dan 2018 dan harapan kita tahun depan kita harus bebas asap lagi," ungkapnya.

Kemudian ia menjelaskan kondisi terkin Riau yakni sejak awal Oktober sudah terjadi hujan dibeberapa wilayah. Bahkan, sejak 10 Oktober 2018 dari pantauan pihaknya sudah tidak ada muncul titik api di Riau. 

"Yang ada cuma hotspot di Inhu dan itu bukan titik api. Selain itu, seluruh kegiatan helikopter untuk patroli dan pengamanan sudah dihentikan dan diinstruksikan berhenti oleh BNPB," jelasnya.

Kemudian ia juga menjelaskan bahwa, Keberhasilan ini tidak terlepas dari koordinasi dan sinergitas semua pihak mulai upaya patroli terpadu, sosialisasi, upaya pencegahan Karhutla, pemadaman api oleh Satgas Karhutla yang terdiri dari TNI, Polri, Mangala Agni dan sebagainya. 

"Dengan bimbingan dan kerjasama dibawah komando Dansatgas, hari ini status sudah kita cabut dan tiga tahun Riau bebas asap. Untuk itu dari kita berharap tahun depan kita harus bebas asap lagi," tutupnya. (R06/Mcr)

Listrik Indonesia

#Karhutla

Index

Berita Lainnya

Index