Lagi Asyik Mandi, Mahasiswi Cantik Ini Kaget Lihat Kamera iPhone Muncul dari Bawah Pintu

Lagi Asyik Mandi, Mahasiswi Cantik Ini Kaget Lihat Kamera iPhone Muncul dari Bawah Pintu
Monica Baey

RIAUSKY.COM - Gerah di asrama mahasiswa siang itu, membuat Monica Baey (23), ingin mandi. Dia kemudian mengambil peralatan mandinya, lalu masuk ke kamar mandi asrama.

Mahasiswa National University of Singapura (NUS) itu kemudian mandi. Mendengar suara air gemericik, Nicholas, pacar salah seorang mahasiswi teman Monica, buru-buru mengambil iPhone-nya.

Dia lalu menjulurkan iPhone tersebut ke bawah pintu kamar mandi.

Monica awalnya tidak memperhatikan ventilasi itu. Dia asyik menggosok bagian-bagian tubuhnya. 

Tapi ketika dia berbalik hendak mengambil handuk, dia melihat kamera sebuah ponsel dari bawah pintu.

"Hei, siapa di luar. Jangan kurang ajar ya?" teriak Monica seperti dikutip dari Rakyatku.com.

Nicholas buru-buru mematikan ponselnya, lalu lari masuk kamar. Namun, Monica yang membuka pintu kamar mandi, sempat melihat bayangan Nicholas.

Usai kejadian itu, pelaku mengirim sms ke Monica, mengatakan dia "benar-benar menyesal" atas kejahatan tersebut, dan memberikan alasan bahwa dia berada di bawah "pengaruh alkohol" ketika melakukan kejahatan. 

Monica melapor ke universitas dan polisi, namun hasilnya nihil. Hampir 5 bulan dan penyelidikan polisi kemudian, pelaku hanya diberi peringatan bersyarat 12 bulan, di mana ia hanya akan dituntut jika ia melakukan kejahatan lain. 

Masalahnya adalah dia mengajukan bukti substantif kepada polisi, tetapi itu tidak masalah. Mereka mengatakan dia harus mendorong universitas untuk memberikan tindakan tegas, jika dia ingin mengintip untuk menerima konsekuensi nyata.

Yah, dia memang membawa kasus itu ke NUS, dan Universitas menangguhkan pelaku selama satu semester, melarangnya memasuki kediaman mahasiswa Universitas dan membuatnya mengirim surat permintaan maaf kepada Monica. 

Yang lebih keterlaluan, adalah cara Universitas yang sangat lemah dalam menangani seluruh cobaan, seperti yang terlihat dari cara mereka mengirimi Monica sebuah email yang melampirkan surat permintaan maaf pelaku.

Berbicara kepada SCMP, Monica mengatakan bahwa seorang staf NUS menjelaskan kepadanya kalau penangguhan selama satu semester untuk mengintip sudah sudah serius, tetapi dia tidak memilikinya, dengan mengatakan, “dia melarikan diri tanpa hukuman, hanya dengan menampar pergelangan tangan."

Dia lebih lanjut berkomentar,

“Polisi dan sekolah perlu berbuat lebih baik. Tindakan perlu diambil karena pembuatan film ilegal di toilet asrama telah terjadi berulang kali.”

Dapat dimengerti, Monica sangat bingung tentang hukuman ringan yang diterima pengintip dan berbagi keluhannya dalam serangkaian posting media sosial, yang menyoroti ketidakadilan yang dihadapinya serta perlunya para korban untuk berbicara dan tidak membiarkan tindakan menyimpang seperti itu meluncur.

Monica mengklaim, kasusnya bukan pertama kalinya. Insiden seperti itu terjadi di NUS dan sekarang saatnya untuk perubahan nyata terjadi, sehingga pelaku potensial akan ditindak serius di masa depan.

"Banyak korban yang diam. Mereka membiarkannya meluncur atau tidak mengejar masalah ini."

Lebih lanjut menyoroti masalah ini, Monica menegaskan bahwa, "Pada titik ini, aku tahu jika aku tidak berbicara, aku merasa tidak ada keadilan yang akan datang kepadaku, atau semua gadis lain yang pernah mengalami trauma serupa.". (R02)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index