Dispusip Pekanbaru Gelar Lomba Bertutur 2024, Total Hadiahnya Belasan Juta...

Dispusip Pekanbaru Gelar Lomba Bertutur 2024, Total Hadiahnya Belasan Juta...
Ilustrasi

PEKANBARU (RIAUSKY.COM)- Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pekanbaru menggelar Lomba Bertutur Tingkat Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI) Negeri dan Swasta se-Kota Pekanbaru.

Lomba ini dilaksanakan sebagai upaya membangun generasi yang gemar membaca dan mencintai karya budaya bangsa. 

Lomba ini merupakan kesempatan bagi siswa/siswi kelas empat (4) pada tahun pelajaran 2023/2024 untuk mengekspresikan kecintaan mereka terhadap literasi dan budaya lokal.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pekanbaru, Hj. Erna Juita, SH,. M.Si, menjelaskan bahwa lomba bertutur ini memiliki tujuan yang sangat mulia. 
“Kami ingin mengangkat serta mempopulerkan buku-buku cerita budaya daerah yang mengandung nilai-nilai kehidupan yang baik. Melalui bahan lomba yang telah dipersiapkan, kami berharap dapat menanamkan pemahaman yang mendalam terhadap kearifan lokal di kalangan anak-anak,” ungkap Erna.

 

Dalam rangka memastikan kelancaran jalannya acara, panitia lomba membatasi jumlah peserta hanya 45 orang saja. 
Lomba ini tidak hanya sebagai ajang kompetisi, tetapi juga sebagai bentuk apresiasi dan motivasi bagi generasi muda dalam mencintai membaca dan mewujudkan peran aktif dalam meningkatkan budaya literasi di Indonesia.

“Marilah kita bersama-sama mendukung dan mendorong anak-anak kita untuk turut serta dalam lomba ini. Dengan demikian, kita tidak hanya memperkaya budaya literasi, tetapi juga memberikan kontribusi nyata dalam membentuk masa depan yang lebih cerah melalui literasi” ujarnya.

Lomba bertutur dijadwalkan akan berlangsung pada 30 April 2024 di Aula Lantai Tiga Dispusip Kota Pekanbaru. 

Pendaftaran dibuka mulai 4 hingga 26 April 2024 dengan mengisi form pendaftaran online di https://bit.ly/lomba_bertutur_pku dan bahan lomba bisa dipilih melalui website berikut ini https://budi.kemdikbud.go.id.

Lomba bertutur sendiri merupakan salah satu sarana yang tepat dalam membangun dan membentuk karakter anak.

Apalagi untuk bertutur dengan baik di hadapan publik, seorang anak membutuhkan keberanian, kemampuan mengkoordinasikan seluruh panca indra. Sehingga dinilai dapat melatih mental, sistimatisasi berfikir mereka sejak kecil.

Proses menjadi seorang yang mampu bertutur dengan baik tidak mudah. Tetapi jika anak-anak sejak usia dini sudah dilatih memiliki kemampuan berbicara depan publik maka ketika mereka dewasa akan memiliki kemampuan retorika dan public speaking yang baik, kelak menjadi life skill mereka.

Dinas Perpustakaan dan Kearispan Kota Pekanbaru sendiri secara rutin melaksanakan kegiatan lomba bertutur untuk-anak-anak usia pendidikan dasar sebagai sarana membangun keberanian, kepercayaan diri, meningkatkan motivasi anak untuk terus membaca dan berliterasi sekaligus   mengekspresikan kecintaan mereka terhadap  keberagaman budaya nusantara yang bersumber dari literasi dan lingkungan yang dia pahami.

Untuk tahun 2024 ini, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pekanbaru membuka kesempatan kepada siswa kelas 4 baik negeri maupun swasta yang terdaftar pada kelas dimaksud pada tahun 2023-2024.

Untuk para pemenang lomba ini hadiah yang disediakan juga tidak kalah mentereng.

Total ada hadiah sebesar Rp11.700.000 untuk mereka yang berhasil keluar sebagai pemenang lomba.

Nah, bagi kamu yang berminat untuk mendaftar pada lomba ini, dapat mendaftarkan diri pada 4-26 April 2024 yang akan datang.

Untuk peserta yang telah mendaftar, maka bisa mengikuti pelaksanaan technical meeting pada Sabtu (27 April 2024.

Adapun lomba akan digelar di Aula Lantai 3 Dispusip Pekanbaru pada Selasa (30 April 2024) dari pagi hingga selesai.(Advertorial)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index