Peran Melayu Riau, Usulkan Sultyan Syarif Kasim II Masuk Dalam Seri Uang Kertas NKRI

Peran Melayu Riau, Usulkan Sultyan Syarif Kasim II Masuk Dalam Seri Uang Kertas NKRI
Sultan Syarif Kasim II

SIAK (RIAUSKY.COM)- Terkait rencana Bank Indonesia (BI)  meluncurkan uang kertas seri Negara Kesatuan Repulik Indonesia (NKRI) dalam pecahan 2.000 hingga Rp 50.000, Perkumpulan Anak Negeri Melayu Riau (PERAN Melayu Riau) Rabu tanggal 27 Juli 2016 kemarin mengusulkan kepada Bank Indonesia, agar Sultan Syarif Kasim (SSK) II yang tercatat sebagai Pahlawan Nasional, dapat dicatumkan sebagai salah satu gambar dalam lembaran uang kertas tersebut.

 
Harapan tersebut disampaikan pengurus DPP PERAN Melayu Riau Ir.Said Agus Effendi kepada riausky.com, Ahad, 31 juli 2016.
 
Kata Agus, agar usulan agar Sultan Syarif Kasim II tercatat sebagai Pahlawan Nasional ini, dapat dicatumkan kedalam lembaran uang kertas seri NKRI yang akan diluncurkan oleh Bank Indonesia tersebut, Perkumpulan Anak Negeri Melayu Riau secara tertulis sudah menyampaikan kepada Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Riau, Ismet Inono di Gedung BI. 
 
Usulan tersebut diserahkan langsung oleh Majelis Kerapatan Tinggi oleh H.M. Azaly Djohan, SH, H.Akhmad Bebas,  saya sendiri (Ir. Said Agus Effendi) serta sejumlah pengurus lainnya," beber Agus menerangkan.
 
Disampaikan Agus, Perkumpulan Anak Negeri Melayu Riau ini, merupakan wadah dan tempat berkumpulnya berbagai tokoh masyarakat Melayu se-Kabupaten / Kota Provinsi Riau yang bersifat sosial kemasyarakatan. 
 
Oleh sebab itu, mengingat adanya rencana Bank Indonesia  dan Pemerintah Indonesia untuk meluncurkan uang kertas seri Negara Kesatuan Repulik Indonesia dalam pecahan 2.000 hingga Rp 50.000. 
 
Perkumpulan Anak Negeri Melayu Riau, tepat pada Rabu 27 Juli 2016 kemarin, telah mengusulkan kepada Bank Indonesia, agar gambar Sultan Syarif Kasim II sebagai Pahlawan Nasional, bisa dimasukkan kedalam uang seri pecahan NKRI tersebut.Inilah salah satu bentuk kepedulian dari Perkumpulan Anak Negeri Melayu Riau tersebut,"ujar Agus menjelaskan. 
 
Terkait Tentang usulan Sultan Sarif Kasim II sebagai Pahlawan Riau yang diusulkan dalam uang kertas seri NKRI, hal tersebut juga sudah kami sampaikan kepada Bupati Siak Drs.H.Syamsuar,M.Si. 
 
Beliau menyambut baik atas usulan tersebut, semoga apa yang dilakukan oleh DPP PERAN Melayu Riau ini, nantinya bisa terwujut. Sehingga uang seri NKRI yang akan datang, nama Sultan Syarif Kasim II sudah ada dalam salah satu uang kertas seri NKRI dari 2.000 - 50.000 rupiah. 
 
Tentunya kata beliau, hal ini akan menjadi kebanggaan bagi masyarakat Riau pada umumnya dan masyarakat Siak pada khususnya.
 
Sementara itu lanjut Agus, berhubung Ketua PERAN Melayu Riau bapak Emrzal Pakis sedang berada diluar kota. Usulan tersebut saat itu diserahkan oleh Majelis Kerapatan Tinggi  Azaly Djohan, SH,  kepada Ismet Inono. 
 
Pada kesempatan tersebut Kepala Perwakilan BI, Ismet Inono mengucapkan terimakasih atas usulan tersebut, usulan ini akan diteruskannya melalui jalur formal ke BI Pusat. Keputusan terakhir tetap ditangan Presiden yang akan memilih 5 Pahlawan Nasional dari seluruh usulan yang masuk.Pungkasnya menymapaikan.(R08)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index