Sentil Dunia Usaha di Pelalawan, Bupati HM Harris: Kepedulian Perusahaan Masih Minim

Sentil Dunia Usaha di Pelalawan, Bupati HM Harris: Kepedulian Perusahaan Masih Minim
Perusahaan di Pelalawan
PANGKALAN KERINCI (RIAUSKY.COM) - Bupati Pelalawan HM Harris kembali keluarkan pernyataan "pedas" terkait peran dunia usaha di Pelalawan. 
 
Pernyataan ini tidak lain adalah kurangnya kontribusi perusahaan swasta yang peduli terhadap masyarakat, khususnya yang berada langsung di areal konservasi perusahaan ataupun yang berbatas langsung dengan pemukiman penduduk.
 
"Inikan sangat ironis sekali, dimana tingkat kepedulian perusahaan masih dirasakan sangat minim, kita tahu para investor yang dikonversikan menjadi perusahaan swasta ini telah meraup keuntungan yang sangat besar. Dan mereka hidup sangat berkecukupan, baik pemilik maupun para karyawannya, namun tidak dengan masyarakat sekitarnya," sindir HM Harris saat gelar rakor bersama perusahaan perkebunan dan kehutanan di PT Adei Desa Kemang Pangkalan Kuras, kemarin.
 
Padahal secara lansung efek negatif keberadaan perusahaan baik langsung maupun tidak tentu dirasakan dan dialami masyarakat. Kemudian sebaliknya masyarakat juga tidak menutut begono begini kepada perusahaan.
 
"Saya pikir kedepan ini harus menjadi pertimbangan serius perusahaan. Saya mengakui sejauh ini ada beberapa perusahaan yang telah membantu masyarakat melalui program pembinaan dan bantuan langsung apakah itu melalui CSR, tapi dinilai jauh dari kelayakan. Kemudian di lapangan juga masih ada perusahaan yang belum memberikan kontribusi sama sekali. Nah, ini patut kita pertanyaan komitmenya," jelas HM Harris yang pada kegiatan tersebut turut hadir perwakilan perusahan, kendati yang hadir ini bukan levelnya pengambil kebijakan. 
 
"Jadi saya berpesan tolong sampaikan kepada pimpinan pesan saya ini," ujarnya.
 
Kemudian lanjut HM Harris, Ia juga meminta kepada perusahaan yang notabene berada di wilayah hukum Kabupaten Pelalawan agar turut serta membantu pemerintah secara langsung, ini penting guna mensukseskan 7 program strategis mengapai Pelalawan Emas (Ekonomi Mandiri Aman dan Sejahtera).
 
"Melaksanakan pembangun bukan serta merta menjadi tanggung jawab pemerintah semata, keterlibat secara langsung perusahaan juga memiliki andil yang cukup besar, jadi sekali saya ingatkan akan hal ini," tutup HM Harris. (R11)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index