12 Tim Ini Ikuti Open Turnamen Gasing Tradisional di Kwalian Siak, NONTON YUK...

12 Tim Ini Ikuti Open Turnamen Gasing Tradisional di Kwalian Siak, NONTON YUK...
Salah satu kontestan lomba gasing tradisional dalam pertandingan.
SIAK (RIAUSKY.COM)- Bersempana HUT RI ke-71, Warga di Kwalian, Kampung Rempak Kabupaten Siak, Jumat, 9 September 2016 melaksanakan helat budaya Open Tournament Gasing Tradisional.
 
Sebanyak 12 tim  dari Pekanbaru dan Siak ikut ambil bagian pada gelaran yang dibuka oleh Asisten Administrasi Umum, Sekdakab Siak, Jamaluddin, Kepala Dinas Pasar Kebersihan dan Pertamanan H Wan Ibrahim, Camat Siak Wan Syaiful Effendi serta tokoh masyarakat.
 
''Tujuannya untuk mejalin tali silaturahmi serta untuk memeriahkan HUT RI Ke 71,'' ungkap Ketua Panitia, H Arifin.
 
H Arifin  mengatakan kegiatan ini bertujuan sebagai memberikan nuansa baru khususnya untuk Masyarakat Siak.Dengan harapan semoga kedepan permainan  gasing ini bisa  kita lestarikan dan kita budayakan kembali di Kabupaten Siak ini.
 
Kami juga berencana untuk melanjutkan pertandingan gasing anak-anak nanti nya. Dengan tujuan agar anak anak kita pada sekarang ini akan selalu ingat dengan  Permaianan Rakyat yang telah ada sejak zaman dahulu"kata Arifin.
 
Permainan Gasing ini merupakan permainan yang sudah lama sejak zaman dahulu,terang Arifin,untuk itu saat ini sudah dilupakan oleh Masyarakat,namun pada saat ini lah kita angkat kembali  Budaya permainan gasing tersebut agar tidak terlupakan, Harap nya.
 
Semoga dengan adanya Turnamnen Gasing ini,bisa kita angkat kembali dan bisa kita tumbuhkan,mengingat pada Zaman sekarang ini telah banyak nya permainan yang sesuai dengan perkembangan zaman kata Arifin.
 
Asisten Administrasi Umum Drs H Jamaluddin MSi saat memberi sambutan saat pembukaan acara menyebutkan, Pemerintah Kabupaten Siak sangat memberikan Apresiasi serta memberikan penghargaan yang setinggi-tinggi nya kepada Panitia Gasing yang telah berinisiatif dan bersusah payah untuk  membuat turnamen  permainan gasing ini.
 
Tentunya juga permainan gasing ini telah menjadi permainan Rakyat di Dunia ini dan tidak saja hanya ada di Indonesia, selain sebagai ajang menjalin tali  silaturahmi,ini juga merupakan seni untuk permainan gasing.bagi yang pandai strategi nya,maka itu lah letak dari seni permainan gasing tersebut,"kata Jamaluddin"
 
"Bagi anak anak ,kami mengharapkan kira nya dapat belajar bermain gasing,dikarenakan ini merupakan seni serta keterampilan dari permainan gasing,jelas nya."
 
"Pada bulan oktober besok ,direncanakan  akan dilaksanakan pertandingan  Open Turnamen Gasing Bupati Cup,untuk itu lah bagi semua kalangan bisa di ikutkan.baik dari dalam maupun diluar daerah kita,Himbau nya."
 
Mari kita bertanding dan berlomba secara Sportifitas serta harus hati hati dalam melakukan permainan ini,'' pinta dia.(R08)

Listrik Indonesia

#Jalan-jalan

Index

Berita Lainnya

Index