Gubernur Kepri Sandang Gelar Datuk Sri Kelana Setia oleh LAM Kabupaten Siak

Gubernur Kepri Sandang Gelar Datuk Sri Kelana Setia oleh LAM Kabupaten Siak
Datuk Setia Amanah Kabupaten Siak, Drs H Syamsuar MSi menabalkan gelar adat kepada Dr H Nurdin Basirun S.Sos MSi.
SIAK (RIAUSKY.COM)- Lembaga Adat Melayu (LAM) kabupaten Siak lakukan penabalan gelar adat kepada Dr H Nurdin Basirun S.Sos MSi yang juga merupakan Gubernur Kepulauan Riau dengan diberi gelar Datuk Sri Kelana Setia serta OK Nizami Jamil dengan gelar kehormatan Datuk Orang Kaya (OK) Sri Setia Budaya.Penabalan gelar adat  tersebut disaksikan oleh Datuk Setia Amanah Drs.H.Syamsuar.M.Si   di Gedung Lembaga Adat Melayu Siak Rabu, 12 Oktober 2016.
 
Gelar kehormatan Datuk Sri Kelana Setia resmi disandang oleh Dr H Nurdin Basirun S.Sos MS,i serta Datuk Orang Kaya Sri Setia Budaya H OK Nizami Jamil yang Penabalan nya Dilakukan Oleh Lembaga Adat Melayu Kabupaten Siak.turut Hadir menjadi saksi penabalan gelar adat tersebut ,Datuk Timbalan Setia Amanah  Drs H Alfedri MS,i ,Ketua Lembaga Adat Melayu Kabupaten Siak,para petinggi pengurus adat melayu kabupaten siak,unsur forkopimda serta tokoh masyarakat Siak.
 
Dalam kesempatan tersebut, Datuk Setia Amanah Drs H Syamsuar MSi mengatakan,selaku pemimpin dan Datuk Setia Amanah menyampaikan ucapan selamat datang kepada Gubernur Kepulauan Riau yang juga merupakan Datuk Sri Kelana Setia Dr H Nurdin Basirum S.Sos MS,i  bersama Rombongan sekaligus tahinah atas penabalan gelar yang baru saja dilaksanakan.
 
Berdasarkan adat resam Melayu Riau kata Syamsuar,yang tumbuh berakar didalam nya,menghormati seorang tokoh bagi masyarakat bangsa dan negara juga merupakan suatu amanah yang harus kita laksanakan.
 
Melalui penabalan gelar ini juga,kita berharap kepada datuk petinggi adat melayu Riau menjadi pengayom ditengah tengah masyarakat serta menjadi tunjuk ajar nya bagi generasi muda mudi serta yang paling penting adalah menjadi benteng pelindung dan martabat marwah melayu yang sesuai dengan pribahasa patah tumbuh hilang berganti tak akan melayu hilang dibumi jelas Datuk Setia Amanah H Syamsuar yang juga merupakan Bupati Siak.
 
Dikatakan oleh nya,keberadaan para datuk petinggi adat sangat perlu sekali ditengah masyarakat,ibarat sebuah kapal dengan nahkoda nya tiang senantiasa mengawal dan mengiring kapal tersebut sampai ketujuan.dapat kita bayangkan tanpa adanya para petinggi adat di negri kita ini,yakin lah lambat laun marwah melayu yang kita jaga akan sirna seiring perkembangan zaman.
 
Sekali lagi atas nama pemimpin negri dan datuk setia amanah dari lembaga adat melayu masyarakat kabupaten siak mengucapkan tahniah dan selamat atas penabalan gelar adat melayu yang diberikan oleh lembaga adat melayu Kabupaten  Siak bersempena hari jadi Kabupaten Siak ke 17 hari ini.semoga gelar yang melekat tersebut kiranya bermanfaat untuk memotifasi hamba negri dan berbuat yang terbaik untuk kemajuan negri yang kita cintai ini hingga marwah melayu tetap terbilang cemerlang dan terbilang dimasa yang akan datang harap Syamsuar.
 
Hal yang sama juga dikatakan oleh Datuk Sri Kelana Setia  Dr H Nurdin Basirun S.Sos MS,i yang juga sebagai Gubernur Kepulauan Riau Mengatakan,"Saya bersyukur bisa hari ini saya dapat merayakan ulang tahun dari 2 Kabupaten maupun Kota,yaitu Kabupaten Siak serta Kota Karimun.untuk itu,.saya berharap bisa bersurah terhadap seluk beluk saya sebagai orang siak.
 
"Ini merupakan suatu anugrah buat saya, karna dipercaya mendapat gelar penabalan adat dari Lemabaga Adat Melayu Kabupaten Siak.tentu nya saya juga mengucapkan terima kasih kepada Bupati Siak Drs H Syamsuar MS,i beserta Lembaga Adat Melayu Kabupaten Siak yang telah memberika saya gelar yang tentu nya juga sebagai penguatan terhadap suatu nilai nilai budaya melayu serta juga sebagai suatu motifasi sebagai hamba negri untuk mengemban suatu amanah untuk masyarakat dan selalu berbuat yang terbaik untuk negri yang kita cintai ini.
 
Selain itu dengan penabalan gelar ini juga tentunya sebagai wujud dari pelestarian Budaya Melayu ini sehingga budaya kita akan selalu dikenang sampai ke generasi berikut nya dan tak kan pernah hilang ditelan zaman." tutup nya. (R08)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index