Alamak... Puskesmas di Rohil Tak Satupun yang Terakreditasi

Alamak... Puskesmas di Rohil Tak Satupun yang Terakreditasi
Puskesmas Bagan punak, Rokan Hilir

BAGANSIAPIAPI(RIAUSKY.COM)-Saat ini terdapat 15 Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) yang ada di Rohil. Namun sayang belum ada satu pun yang mengantongi akreditasi (pengakuan kelayakan).

 

Dinas Kesehatan (Diskes) Rohil terus berupaya malakukan pembenahan. Demikian dikatakan Pelaksana Tugas (Plt) Sekdakab Rohil, Drs H Surya Arfan MSi di Bagansiapiapi.

 

Padahal  Kementerian Kesehatan (Kemenkes RI) telah mengeluarkan kebijakan, seluruh puskesmas maupun Puskesmas Pembantu (Pustu) di Indonesia wajib diakreditasi. Akreditasi itu dilakukan dengan cara menyeluruh dan komprehensif.

 

"Tak terkecuali puskesmas dan pustu yang ada di Rohil. Semuanya harus mengikuti tahapan penilaian akreditasi," kata Surya Arfan. Diungkapkan Surya Arfan,

 

Belum adanya satupun puskesmas di Rohil yang mengantongi akreditasi disebabkan belum memiliki syarat seperti bangunannya, ruang rawat inap, kecukupan dokter dan sebagainya. Kendati demikian, dari 15 puskesmas di Rohil, menurut Surya Puskesmas Kecamatan Tanah Putih Sedinginan sudah mengantongi sertifikat International Organization for Standardization (ISO).

 

"ISO itu lebih bagus dari akreditasi. Akreditasi dilakukan kemenkes RI. Sedangkan ISO dinilai badan penetap standar internasional yang terdiri dari wakil-wakil badan standarisasi nasional setiap negara," ungkapnya.

 

Terkait akreditasi, menurut Surya, Pemkab Rohil berupaya semaksimal mungkin melakukan pembenahan seperti yang diharapkan Menkes. Karena akreditasi untuk meningkatkan pelayanan terhadap kesehatan masyarakat dan sebagai filter dan kendali mutu yang dapat dipercaya masyarakat. (R01)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index