Usung Smart City, Diskominfo Riau Gelar Forum IT

Usung Smart City, Diskominfo Riau Gelar Forum IT
Kegiatan Forum IT
PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Seiring dengan pesatnya kemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) telah mendorong perluasan jaringan akses informasi dan komunikasi dalam lingkup global.
 
Dinas komunikasi dan Informatika  (Diskominfo) Provinsi Riau melalui Bidang Data dan Pemberdayaan Sistem Informasi menggelar forum Informasi dan Teknologi (IT) Pembinaan, Evaluasi dan Pengendalian E-Goverment bagi Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pemerintah Provinsi Riau dan instansi vertikal di Hotel Furaya Pekanbaru, Rabu, 2 November 2016.
 
Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kadiskominfo) Provinsi Riau Yogi Getri dalam sambutannya saat membuka Forum IT; bahwa masyarakat sekarang kini mengenal suatu istilah baru bernama Smart City. 
 
Secara harfiah, Smart City dapat diartikan sebagai “Kota Cerdas” dimana konsepnya guna membantu berbagai hal kegiatan masyarakat, terutama dalam upaya mengelola sumber daya yang ada secara efisien, serta memberikan kemudahan mengakses informasi kepada masyarakat, hingga untuk mengantisipasi kejadian yang tidak terduga sebelumnya.
 
"Dalam  menuju tercapainya konsep Smart City ini maka penerapan yang dilakukan dalam kehidupan masyarakat dapat diidentifikasi menjadi delapan aspek utama, yaitu,smart governance (tata kelola cerdas), smart infrastructure (infrasrtuktur cerdas), smart technology (teknologi cerdas), smart mobility (mobilitas cerdas), smart healthcare (layanan kesehatan cerdas), smart energy (energi cerdas), smart buiding (bangunan cerdas) dan smart citizen (masyarakat cerdas)," ugkap Kadiskominfo
 
Yogi Getri menambahkan dalam konsep Samrt City Pemerintah Provinsi Riau melalui program Riau Go IT yang merupakan program yang berkesinambungan dari pemberlakuan sistem electronic government (e-government) serta didasari oleh undang-undang nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Peraturan Daerah Provinsi Riau Nomor 6 Tahun 2015 tentang sistem pemerintahan berbasis Teknologi Informasi dan Keterbukaan .
 
"Dengan adanya Forum IT ini kami berharap dapat memberikan hasil yang bermanfaat bagi kita bersama, terutama dalam mewujudkan Provinsi Riau menjadi Smart Province sebagai penyelenggaraan kepemerintahan yang berbasis (menggunakan) elektronik dalam meningkatkan kualitas layanan publik secara efektif dan efisien," tutup Yogi Getri.
 
Sementara itu Kepala Bidang Data dan Pemberdayaan Sistem Informasi, Nuraini mengatakan tujuannya untuk mewujudkan Provinsi Riau sebagai penyelenggaraan kepemerintahan yang berbasis (menggunakan) elektronik dalam rangka meningkatkan kualitas layanan publik secara efektif dan efisien. 
 
Peserta Forum IT berjumlah 150 orang, yang terdiri dari pejabat eselon II dilingkup unit kerja/instansi pada SKPD bidang terkait di Provinsi Riau, utusan Universitas dan juga utusan Instansi Vertikal dengan Narasumber dari Dikretorat Jendral Aplikasi dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Bambang Dwi Anggono, M. Fikri dari Universitas Islam Negeri SUSKA Provinsi Riau dan Kepala Bidang Data dan Pemberdayaan Sistem Informasi Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Riau, Nuraini. (R07/MCR)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index