Bupati Irwan Hadiri Pelantikan Pengurus FORMI Kepulauan Meranti Periode 2016-2021

Bupati Irwan Hadiri Pelantikan Pengurus FORMI Kepulauan Meranti Periode 2016-2021
Pelantikan pengurus Formi Meranti
SELATPANJANG (RIAUSKY.COM) - Pengurus Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI) Kabupaten Kepulauan Meranti Periode 2016-2021 resmi dilantik, Rabu malam, 16 November 2016, bertempat di Hotel Grand Meranti, Jalan Kartini, Selatpanjang.
 
Hadir dalam pelantikan, Bupati Kepulauan Meranti, Drs H Irwan MSi, Sekretaris Formi Provinsi Riau Drs Nasrun Rasyid, Kapolres Kepulauan Meranti AKBP Barliansyah SIK, Danramil 02/Tebingtinggi Mayor Arm Bismi Tambunan SE, Kabag  Humas Helfandi SE MM, Ketua Pemuda Pancasila Asnan Mahadar, serta sejumlah tamu undangan lainnya.
 
Pelantikan FORMI Kabupaten Meranti Berdasarkan SK FORMI Provinsi Riau No. 135/Kep/FORMI/Riau/IIX/2016. Yang ditandai dengan pengucapan sumpah oleh Sekretaris Nasrun Rasyid yang diikuti oleh pengurus FORMI Kabupaten Meranti yang dilantik yang dilanjutkan dengan penyerahan Petaka kepada H. Jaafar ST selaku Ketua FORMI Kabupaten Meranti terpilih.
 
Sekretaris FORMI Provinsi Riau, dalam sambutannya mengatakan bahwa FORMI memiliki peran yang strategis dalam mengelola, membina dan mengembangkan olahraga rekreasi atau olahraga maayarakat yang merupakan potensi penting dalam menjunjung nilai luhur budaya, kekeluargaan, sportifitas, perdamaian, persatuan dan kesatuan bangsa, menciptakan ketahanan Nasional tanpa membedakan suku, agama, tingkat sosial dan kelompok.
 
Diharapkan FORMI Meranti dapat menjadi wadah pembinaan olahraga rekreasi dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan dan kebugaran masyarakat, sekaligus membangun basis olahraga daerah menjadi olahraga Nasional melalui pembudayaan "Rekreasi Sport For All" yang massal, murah, meriah, menarik dan bermanfaat.
 
Sejauh ini seperti diungkapkan Nasrun Rasyid, FORMI Provinsi Riau telah mengukuhkan pengurus FORMI di Kabupaten Pelalawan, Kuansing, Rohul, Dumai dan Meranti. Diharapkan FORMI Kabupaten Kota yang terbentuk ini, seiring membina olahraga rekreasi juga dapat mendukung potensi pariwisata daerah dalam meningkatkan kesejahteraan maayarakat.
 
Sementara Bupati Kepulauan Meranti Drs. H. Irwan, M.Si menegaskan, FORMI sebagai organisasi pembinaan olahraga rekreasi merupakan sebuah potensi dalam mengembang budaya dan pariwisata meranti. Seperti diketahui Meranti sebagai negeri Melayu menyimpan banyak khasanah budaya yang bisa dikembangkan diantaranya olahraga Gasing dan Lari diatas Tual Sagu. 
 
"Melalui forum ini saya menitipkan olahraga Gasing dapat dikembangkan dan diperlombakan pada Ivent yang lebih tinggi. Kita harapkan, olahraga Indonesia bukan saja dipengaruhi oleh olahraga yang berasal dari eropa, sebaliknya olahraga budaya Indonesia mampu mempengaruhi budaya dunia," harap Bupati.
 
Bupati juga berharap FORMI juga dapat mengembangkan olahraga rekreasi tradisi masyarakat Meranti yakni Lari diatas Tual Sagu yang merupakan satu-satunya didunia, menjadi sebuah permainan yang lebih masif, merakyat dan lebih terkenal bukan saja ditingkat Nasional tapi di dunia. 
 
"Mari bersama kita kembangkan Lari diatas Tual Sagu agar lebih terkenal didunia," ujar Bupati.
 
Pada kesempatan itu, Bupati juga mengajak para pengurus FORMI dan tamu yang hadir untuk menyaksikan Festival Sungai Bokor yang digelar 19 November 2016 mendatang. Kegiatan itu merupakan Festival Music Jazz Internasional yang didalamnya juga dikemas olahraga tradisi Lari diatas Tual Sagu. 
 
"Mari saksikan Festival Sungai Bokor yang juga akan menampilkan permainan Lari diatas Tual Sagu semoga dapat perhatian yang baik dalam mendukung Meranti sebagai salah satu tujuan wisata di Provinsi Riau," terang Bupati.
 
Ketua FORMI Meranti H. Jaafar mengatakan olahraga rekreasi tradisional yang sangat sederhana murah dan menyehatkan telah berkembang sejak zaman pejajahan dahulu. Untuk itu dengan adanya FORMI olahraga rekreasi yang diwariskan secara turun temurun ini dapat dilestarikan. Pelestarian olahraga rekreasi ini juga sejalan dengan program Pemerintah Daerah dalam mengembangkan olahraga tradisional yang sehat, bugar dan berbudaya. 
 
Sebelumnya, Ketua Panitia Ramdan SPd, menjelaskan bahwa FORMI terbentuk sejak Tahun 2008 lalu sesuai SK Menpora, yang salah satu tugasnya adalah membantu membuat kebijakan Nasional terkait pengelolaan, pembinaan dan pengembangan olahraga rekreasi Nasional. 
 
Dalam kesempatan itu juga dilakukan penyerahan cenderamata Gasing yang merupakan olahraga rekreasi khas Meranti yang murah meriah kaya adat dan budaya kepada Sekretaris FORMI Provinsi Riau oleh Bupati Irwan dan Anggota DPRD Edy Mayudi. (R16)
 
Adapun nama dan jabatan pengurus Formi Kepulauan Meranti yang dilantik yakni:
  • Ketua Formi Kepulauan Meranti, H Jaafar
  • Wakil Ketua Saiful Ikram
  • Sekretaris Edi Mashudi
  • Bendahara Muhammad Zamri SH
  • Bidang pengembangan program, Ketua Emiratna, Wakil Ketua Efriadi.
  • Bidang Pengembangan Organisasi, Ketua Sunaji, Wakil Ketua Ramdan
  • Bidang Pengembangan Kesehatan Olahraga, Ketua dr. Joko Ramli, Wakil Ketua Firdaus
  • Bidang Pengembangan Promosi, Media dan Informasi, Ketua Ricky Kurniawan, Wakil Ketua Sucipto Hartono
  • Bidang Peningkatan SDM, Usaha dan Kemitraan, Ketua Sumirja Hadi, Wakil Ketua Poyadi
  • Komisi Olahraga Massal, Ketua Suryaningsih, Wakil Ketua Neneng
  • Komisi Olahraga Tradisional, Ketua Jasman, Wakil Ketua Firdaus, Anggota 1. Syamsul Bahri, 2. Miskun. 

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index