Evakuasi Warga, Pemkab Siak Siapkan 38 Posko

Evakuasi Warga, Pemkab Siak Siapkan 38 Posko
Bupati Siak Syamsuar memimpin rapat penangangan kabut asap

SIAK (RIAUSKY.COM) - Dampak asap terhadap kesehatan telah membuat sebagian masyarakat terkena penyakit terustama ISPA dan lainnya.

Dari data, di Siak jumlah penderita batuk pilek sebanyak 8418 penderita, ISPA 334 penderita, asma 525 penderita, iritasi kulit 1.181 orang dan iritasi mata 412 penderita. Total ada 10.870 penderita

Untuk itu Pemkab Siak menyediakan sebanyak 38 posko evakuasi di setiap kesempatan

Dengan semakin tinggi nya penderita dampak dari kabut asap didaerah ini , Pemerintah kabupaten Siak bersama unsur Muspida menggelar rapat persiapan terhadap rencana evakuasi warga, Senin(26/10).

Disela-sela memimpin rapat tersebut rencana evakuasi tersebut Bupati Siak Drs H Syamsuar M.Si meminta kepada pihak yang terlibat agar dapat bekerja sama dengan pihak terkait supaya langkah evakuasi ini nanti bisa berjalan dengan baik dilapangan agar dapat melakukan koordinasi secara rutin.

Guna lebih mensteril kan lagi menghadapai evakuasi warga dalam pertemuan dengan kepala Puskesmas pembantu kesehatan setiap camat diminta untuk cepat tanggap dengan persoalan dampak dari kabut asap.

"Sebab kesehatan manusia dalam hal ini harus diprioritaskan sesuai dengan tuntutan dan amanat dari undang-undang yang berlaku yang harus kita lakukan secara bersama," ujar Bupati.

Untuk itulah kepada seluruh Puskesmas dan Puskesmas pembantu supaya semakin meningkatkan pelayanan yang harus terus disajikan kepada masyarakat dan kepada camat juga harus tanggap di lapangan dan laporkan secara rutin kepada pemerintah daerah jumlah penderita kabut asap secara rutin.

"Seharusnya dengan kondisi asap seperti sekarang ini seharusnya pemerintah pusat harus menurunkan bantuan, namun hingga saat ini kabupaten belum ada lagi kita terima," tambah Bupati.

Adapun 38 posko evakuasi tersebut diantaranya Kecamatan Siak sebanyak 7 posko, Kecamatan Mempura 3 posko, Kecamatan Sei Apit,Saban Auh, Bungaraya, Sei Mandau, Dayun, Kotogasib, Lubuk Dalam, Kerinci Kanan dan kecamatan Tualang, masing-masingnya 2 Posko. (R08)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index