Kades Minta Disalurkan Langsung, Begini Tanggapan Gubri Soal Dana Bantuan Desa

Kades Minta Disalurkan Langsung, Begini Tanggapan Gubri Soal Dana Bantuan Desa
PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Gubernur Riau H Arsyajuliandi Rachman tidak mempermasalahkan kalau kepala desa menginginkan penyaluran bantuan keuangan (Bankeu) Pemerintah Provinsi Riau langsung ke pemerintah desa. 
 
Gubernur Riau, menegaskan bahwa pihaknya senantiasa memikirkan rakyatnya, salah satunya dengan menyalurkan Bankeu provinsi kepada desa melalui kabupaten/kota. Jumlahnya bahkan dilaporkan mencapai Rp1,4 triliun pada rekapitulasi pencairan Bankeu sampai dengan tanggal 31 Desember 2016.
 
"Bantuan banyak sekali dari provinsi. Tahun 2015 ada Rp 500 juta di setiap desa. Memang tahun 2016 nya, kita salurkan dengan bantuan melalui kabupaten/kota. Ternyata dengan cara ini tidak rata dan banyak masyarakat nggak tahu itu dari provinsi," ucap Andi Rachman.
 
Bantuan dana desa secara langsung kita tiadakan untuk 2016 hanya karna mekanisme. Sebenarnya bantuan melalui kabupaten/kota atau langsung ke desa sama saja. Hanya saja nanti kabupaten/kota yang memilah desa-desa mana saja yang akan menerima Bankeu.
 
Bankeu itu kita serahkan ke kabupaten/kota untuk masuk ke APBD kabupaten/kota. untuk disalurkan melalui kabupaten/kota. Bankeu bisa digunakan untuk membangun infrastruktur, pendidikan dan kesehatan.
 
Usai menghadiri rapat kerja peningkatan kapasitas aparatur pemerintah desa se-provinsi Riau itu, Andi Rachman mengaku akan menampung semua usulan kepala desa yang diserap dalam rapat kerja aparatur desa se-Riau tersebut.
 
"Kita tunggu saja hasil rapat kerja. Kepala desa menginginkan ke desa langsung, kita akan coba sampaikan ini kepada TAPD untuk dibawa ke DPRD", tutup Gubri. (*)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index