Waspada Bahaya Rabies

Hati-hati...100 Warga Dumai Kena Gigitan Anjing

Hati-hati...100 Warga Dumai Kena Gigitan Anjing
DUMAI (RIAUSKY.COM) - Menurut  Kepala Dinas Peternakan, Perikanan dan Kelautan (Disnakkanla) Kota Dumai, Syafrizal. Hingga Oktober 2015, sedikitnya 100 orang kena gigitan anjing. Namun tidak ada yang terkena rabies.
 
"Kasus anjing rabies memang ada di Dumai. Hingga Oktober sudah 3 ekor anjing rabies berhasil kita eliminasi. Namun berdasarkan catatan dari 100 kasus gigitan anjing tidak ada yang terkena rabies," ujar Syafrizal.
 
Meski demikian, angka gigitan tersebut cukup tinggi. Sehingga gigitan anjingvkiji menjafi ancaman serius bagi warga.  Apalagi populasi anjing liar makin meningkat di jalan-jalan.  
 
Untuk itu dalam waktu dekat, pihaknya kembali akan melakukan eliminasi anjing liar. "Kami sudah mensosialisasikan rencana itu kepada seluruh lapisan masyarakat. Masyarakat diminta mengikat anjingnya agar tidak menjadi sasaran eliminasi. Sebab yang akan dieliminasi adalah anjing liar yang berkeliaran di jalan-jalan," tegasnya. 
 
Sedangkan warga yang memiliki Hewan Penular Rabies (HPR) seperti anjing, kucing, dan kera diminta merawatnya dengan baik, diikat, diberi makan dan minum dan rutin melakukan vaksinasi anti rabies. Untuk mendapatkan vaksinasi gratis warga akan didatangi langsung petugas dari Disnakkanla Kota Dumai.(RO3)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index