KSOP Tembilahan Targetkan Peningkatan Keselamatan Berlayar

KSOP Tembilahan Targetkan Peningkatan Keselamatan Berlayar
Kepala Sub-Seksi Keselamatan Berlayar, Penjagaan dan Patroli, Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IV Tembilahan Suprianto

 

TEMBILAHAN (RIAUSKY.COM) - Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) mempunyai tugas melaksanakan pengawasan dan penegakan hukum di bidang keselamatan dan keamanan pelayaran.
 
Untuk itu Kepala Sub-Seksi Keselamatan Berlayar, Penjagaan dan Patroli, Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IV Tembilahan Suprianto, Selasa (12/1), mengatakan bahwa target KSOP saat ini adalah peningkatan keselamatan berlayar dan keamanan di pelabuhan.
 
"Untuk tahun ini, kita akan lebih fokus kepada keselamatan berlayar dan keamanan di pelabuhan dengan mengerahkan petugas patroli beserta armada kapal patroli laut secara intensif di wilayah laut Kabupaten Inhil ini, yang tentu saja berdasarkan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) kami,” ujarnya.
 
Hal ini juga berdasarkan kepada Undang-undang, Peraturan Menteri dan Keputusan dari Direktur Jenderal Perhubungan Laut Republik Indonesia.
 
"Sedangkan untuk fasilitas berupa pelabuhan kita memiliki satu pelabuhan kargo, satu pelabuhan penumpang, dermaga ponton dilengkapi dengan terminal penumpang atau ruang tunggu”, tambahnya.
 
Sementara itu Kepala Kantor Kesyahbandaran Dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IV Tembilahan, Rudolf Antony Ma’ail, ST. MTL membenarkan perihal target dan fasilitas ini.
 
"Ya, memang benar adanya, pada prinsipnya kita hanya menjalankan apa yang menjadi kewenangan kita disini, terkait pelabuhan komersial yang berada di bawah pengaturan, pengendalian dan pengawasan kami khusus di Inhil terdapat 2 pelabuhan, yakni pelabuhan Tembilahan dan pelabuhan Kuala Enok," jelasnya. (R17)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index