Alamak...Jatah DAK Pertanian Rohul Berkurang

Alamak...Jatah DAK Pertanian Rohul Berkurang
PASIRPENGARAIAN (RIAUSKY.COM) - Menurut Kepala Dinas  Tanaman Pangan dan Holtikultura Rohul, Mubrizal SP jatah Dana Alokasi Khusus (DAK), bidang pertanian untuk kabupaten Rohul, tahun 2016, mengalami penurunan. Jika tahun lalu DAK pertanian  Rp 10.8 Miliar.
 
Namun tahun ini Rohul hanya memperoleh DAK dari Pemerintah pusat, sebesar 1.1 Miliar Rupiah. Mubrizal menjelaskan, dana DAK Rp 1.1 Miliar tersebut nantinya akan digunakan untuk membiayai pengelolaan sumber daya air, seperti Pembuatan embung, irigasi tanah dangkal dan irigasi permukaan atau dam parit di daerah sentra produksi padi Rohul seperti di Kecamatan Rambah, Rambah Hilir, Bangun purba rRkan IV koto dan Rambah Samo.
 
"Kita Sudah lengkapi proses administrasinya, termasuk penentuan lokasi kegiatan DAK itu." Tutur Mubrizal. 
 
Mubrizal menambahkan, pelaksanaan kegiatan dana DAK ini, rencananya akan diupayakan  secepatnya, sebelum dimulainya masa tanam pada bulan April 2016. Namun, hal itu kembali tergantung pada cepat lambatnya pengesahan RAPBD Rohul 2016, karena dana DAK itu masuk dalam penerimaan Daerah. 
  
"Kita masih menunggu,  pengesahan APBD kabupaten karena dana dak itu masuk dalam postur  apbd kabupaten, untuk itu,pelaksanaan kegiatan DAK itu, harus menunggu persetujuan DPRD Rohul" ucapnya. (R03)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index