UPZ Kecamatan Merbau Gelar RAT

UPZ Kecamatan Merbau Gelar RAT
SELATPANJANG (RIAUSKY.COM) - Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Kecamatan Merbau, menggelar Rapat Anggota Tahunan (RAT) Tahun Buku 2015, bertempat di aula Kantor LPTQ Kecamatan Merbau Kabupaten Kepulauan Meranti.
 
Kegiatan dihadiri Pengurus UPZ beserta Staf, Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Merbau, Kepala Sekolah serta Guru SD -SLTA dan Madrasah, serta sejumlah Kepala Instansi pemerintahan yang berada di Kecamatan Merbau dan Kecamatan Tasik Putri Puyu.
 
Pertemuan dimulai sekitar pukul 10.00 WIB diawali dengan sambutan oleh Ketua Divisi Penyaluran, Drs. H Lukman MM, mengucapan terimakasih atas kehadiran dan pastisipasi para undangan serta menyambut baik kegiatan RAT ini.
 
"Tentunya kehadiran kita disini dalam upaya mengevaluasi kegiatan yang telah dilaksanakan melalui penyampaian laporan neraca keuangan dan melakukan rencana kerja kedepan tahun 2016," sebut Lukman.
 
Sementara itu Ketua UPZ Kecamatan Merbau, Ust. Arifin M.Pd, menyampaikan Laporan Tahun buku 2015 dihadapan majlis dengan penjabaran program program yang telah dilaksanakan serta pengeluaran dana dalam setiap program tersebut.
 
Ust. Arifin menjelaskan, adapun beberapa program yang telah dijalankan oleh UPZ Kecamatan Merbau diantaranya diantaranya, Merbau sehat yakni santunan atau bantuan untuk fakir miskin yang tertimpa musibah sakit sehingga harus di operasi seperti usus buntu, tumor, kangker dan penyakit lainnya.
 
"Namun yang kita bantu disini hanya untuk biaya transportasi saja yaitu sebesar Rp. 500.000, jika merujuk ke RSUD Kepulaaun Meranti atau Bengkalis namun jika rujukannya ke Pekanbaru bantuannya sebesar Rp.1 juta" jelas Arifin.
 
Sambungnya, Untuk itu bagi tetangga atau masyarakat yang belum mengetahui adanya bantuan dari UPZ Kecamatan Merbau kemudian mereka betul-betul miskin dan sakit parah dipersilahkan menghubungi kita tentunya dengan mempersiapkan persyarakatan data diri.
 
Selanjutnya Program Merbau Konsumtif adalah program bantuan fakir miskin kepada muslim yang kurang mampu untuk keperluan hidup sehari-hari dan biasanya program ini dilaksanakan sebelum dan sesudah bulan Rhamadhan. Program Merbau Produktif yaitu program bantuan modal untuk mengembangkan usaha dengan kisaran bantuan sebesar 1-3 juta dan dengan system Bertahap.
 
Lebih jauh Arifin menguraikan bahkan selajutnya Program Merbau Agamis yaitu program dakwah atau pencerahan di masjid-masjid terutama untuk para muallaf. Program Merbau Cemerlang yaitu program bantuan atau santunan serta pendanaan utuk anak-anak yang hafis Al-Quran dijakarta. 
 
Program Merbau Peduli Fakir yaitu program bantuan biaya hidup dalam menyiapkan kebutuhan sehari hari lantaran sudah tidak ada lagi yang menghidupinya dan saat ini terdapat dua Orang yaitu di Desa Tanjung Pisang dan Kelurahan Teluk BelitungKemudian Program Merbau Musafir yaitu program bantuan untuk mereka para pendatang muslim yang melakukan perjalanan jauh dan sangat memerlukan bantuan. Dan Program Merbau Muallaf yaitu bantuan atau santunan untuk mereka yang baru memeluk agama Islam.
 
"Keadaan Kas Priode tahun 2014 adalah sebesar Rp200.459.404 telah disalurkan atau dikeluarkan pada tahun 2015 sebesar Rp163.443.000, jadi sisa kas tahun 2014 sebesar Rp37.016.404 selanjutnya pendapatan zakat pada tahun 2015 ini meningkat menjadi Rp219.000.000." Paparnya. (R16)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index