Bupati Rohul Ajak masyarakat Sukseskan Sensus Ekonomi 2016

Bupati Rohul Ajak masyarakat Sukseskan Sensus Ekonomi 2016
Bupati Rohul Achmad

 

PASIRPANGARAIAN (RIAUSKY.COM) - Bupati Rokan Hulu (Rohul) Drs H Achmad, M.Si mengajak masyarakat Rohul untuk ikut mensukseskan program Nasional tentang Sensus Ekonomi 2016, khususnya di Rohul. 
 
Ia menambahakan, program sensus ekonomi ini dilaksanakan setiap 10 tahun sekali, untuk itulah, diharapkan kerjasama antara masyarakat dan petugas sensus bisa berjalan baik. Sehingga sensus ekonomi di 2016 di Rohul bisa berjalan sukses dan baik.
 
"Kalau gak ada kerjasama antara masyarakat dan petugas, tentunya sensus ekonomi ini tidak akan berjalan dengan baik. Kuncinya cuma kerjasama, kalau kerjasamanya terjalin dengan baik, sudah pasti sukses," katanya, Senin, 21 Maret 2016.
 
Lebih lanjut dijelaskanya, untuk petugas yang melakukan sensus dilapangan, jangan hanya datang dan menanyakan nama serta jumlah keluarga, namun benar-benar melakukan proses pendataan sensus ekonomi.
 
Dalam artian, para petugas sensus memang benar-benar mendata apa yang dibutuhkan pada sensus ekonomi. Sehingga apa yang menjadi tujuan bisa benar-benar tercapai.
 
"Ini bukan sensus penduduk, petugas diharapkan benar-benar melakukan sensus ekonomi, seperti penghasilan, perdagangan, pertambangan, jasa, dan lain-lainya," jelasnya.
 
Bukan hanya itu saja, dengan memberikan data yang sebenarnya kepada petugas sensus. Tentunya akan membantu pembangunan Rohul ke depan, pasalnya, Sensus Ekonomi, bisa menjadi pedoman dalam membuat suatu kebijakan.
 
Untuk itulah, dengan memberikan data yang akurat kepada para petugas sensus, ‎masyarakat juga membantu dalam pembangun Rohul ke depan.
 
"Mari kita sukses kan sensus penduduk 2016 di Rohul, dengan data yang akurat dan lengkap, Rohul akan semakin maju," imbuhnya.
 
Masih ditempat yang sama, Kepala Badan Badan pusat statistik (BPS) Rohul, Budianto mengungkapkan, sensus ekonomi tentunya berbeda dengan sensus penduduk, dimana Sensus Ekonomi dilaksanakan untuk mendapatkan informasi potret utuh perekonomian bangsa, sebagai landasan penyusunan kebijakan dan perencanaan pembangunan nasional maupun regional.
 
Lebih lanjut dijelaskanya, pada sensus ekonomi ini, melakukan pendataan seluruh sektor usaha secara menyeluruh, selain sektor pertanian. Sehingga data tersebut nantinya mampu menghasilkan gambaran lengkap tentang level dan struktur ekonomi non-pertanian.
 
"Sensus ekonomi ini juga bisa melihat karakteristik dasar  Ekonomi, Selain itu juga akan diketahui daya saing bisnis di Indonesia, serta penyediaan kebutuhan informasi usaha, terkhusus di Rohul," tuturnya.
 
Budianto mengungkapkan, untuk mensukseskan program ini, pihaknya telah menerjunkan sekitar300  petugas sensus yang ditugaskan di 16 kecamatan se Rohul, mereka akan melakukan pendataan hingga Mei mendatang dan saat ini sebagian petugas sudah melakukan sensus. (R19)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index