Warga Kuala Terusan Dapat Pengobatan Gratis

Warga Kuala Terusan Dapat Pengobatan Gratis

PANGKALANKERINCI (RIAUSKY.COM) – Puluhan warga Desa Kuala Terusan Kecamatan Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan ramai berkumpul di Mushala Mujahiddin untuk mendapatkan pengobatan massal gratis pasca bencana banjir yang melanda des tersebut bulan lalu. 

 
Selain kegiatan pelayanan kesehatan dan pengobatan ini, juga dilaksanakan pembagian vitamin C kepada  anak anak dan siswa SD Negeri 002 Kuala Terusan, Senin 28 Maret 2016.
 
Kepala Dusun Kuala Terusan, Herman sangat mengapresiasi bantuan pengobatan gratis yang diberikan oleh RAPP sebagai salah satu bentuk komitmen perusahaan untuk mendukung kesehatan masyarakat. Herman sangat berterimakasih karena selain pengobatan gratis, sebelummnya Desa Terusan juga telah mendapatkan aneka program CD lainnya dari perusahaan.
 
“Selaku pemerintah desa, kami mengucapkan ribuan terimakasih atas pogram CD yang dilaksanakan oleh PT.RAPP (Riau Andalan Pulp and Paper) yang memberikan obat-obatan dan multivitamin untuk anak-anak. Kami sangat mengapresiasi karena selain acara pengobatan massal gratis ini, kami juga telah menerima bantuan-bantuan mulai dari bantuan perikanan, dan material bangunan ” ucap Herman.
 
Herman menambahkan, pelayanan kesehatan menjadi salah satu bantuan penting bagi masyarakat,se lain karena faktor geografis yang jauh dari akses kesehatan, juga karena faktor ekonomi yang tidak memungkinkan untuk berobat.
 
“Sebagian besar warga Desa Kuala Terusan bermata pencaharian sebagai nelayan dan sebagian dari kami tidak terlalu peduli memperhatikan masalah kesehatan, salah satunya karena akses yang jauh. Sementara disini bidan hanya ada satu,” ujar Herman.
 
Salah satu warga, Yulinda menyatakan bahwa program ini sangat bagus. Wanita berumur 26 tahun ini juga menyampaikan harapan agar pelaksanaan kegiatan pengbatan ini dapat dilaksanakan secara berkelanjutan.
 
“Saya sakit maag, dan sudah diberi obat oleh bu Dokter. Program ini bagus dan ramai yang berobat. Saya berharap semoga program ini terus berlanjut,” tutur Yulinda.
 
Kepala Puskesmas Kecamatan Pangkalan Kerinci, Drg. Erlinda menyatakan bahwa CD RAPP dan Puskesmas sudah melakukan banyak kerjasama, namun pengobatan massal gratis di Kuala Terusan menjadi program kerjasama pertama. 
 
“Kita sudah lama melakukan kerjasama dengan RAPP, dimana kami membantu 7 tenaga medis dan obat-obatan. Saat ini yang perlu diperhatikan adalah semakin maraknya pengidap penyakit tidak menular, hal inilah yang perlu menjadi perhatian kita bersama,” kata Erlina.
 
Beliau  menginginkan program ini dapat berkesinambungan. Sebanyak tujuh tenaga medis 
 
Manager CD RAPP, Sundari Berlian mengatakan tujuan program ini adalah meringankan beban masyarakat dalam hal pengobatan dan tidak terjangkaunya fasilitas kesehatan, seperti di Desa Kuala Terusan.
 
“Sudah kedua kalinya CD RAPP melakukan pengobatan masal gratis di tahun 2016 ini, yang kali ini diadakan di Desa Kuala Terusan, Kabupaten Pelalawan. Kuala Terusan menjadi tujuan pengobatan massal gratis karena masih desa ini masih rentan terkena berbagai macam penyakit pasca banjir. Kami merencanakan tahun ini akan dilaksanakan 30 pengobatan di lima kabupaten,” ujarnya.
 
Di hari yang sama, juga dilaksanan acara pelatihan tata boga yang diiukuti oleh 25 ibu rumah tangga di sekitar Pangkalan Kerinci sebagai upaya dalam mendorong semangat wirausaha dengan cara yang sederhana seperti mengolah labu dan nanas. Pelaksanaan yang dilaksanakan di Aula Balai Pelatihan Pengembangan Usaha Terpadu (BPPUT), Town Site 2, Pangkalan Kerinci ini akan ditaja selama dua hari. (RLS)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index