Terkait Penertiban Pasar Kaget di Rumbai

Ade Hartati: Pemko Jangan Asal Gusur, Harus Punya Konsep Ekonomi Kerakyatan

Ade Hartati: Pemko Jangan Asal Gusur, Harus Punya Konsep Ekonomi Kerakyatan
Ade Hartati

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Terkait adanya penggusuran pasar kaget yang dilakukan oleh pihak kecamatan Rumbai di pasar kaget Rabu dan Jumat yang berada di jalan Tengku Kasim Kelurahan Rumbai Bukit mendapat sorotan dari kalangan dewan.

 
Anggota DPRD Riau Dapil Pekanbaru Ade Hartati menilai pemerintah kota (Pemko) harusnya terlebih dahulu harus membuat design khusus mengenai arah perkembangan ekonomi kerakyatan.
 
"Sebelum melakukan tindakan tersebut seharusnya Pemko membuat design mengenai arah perkembangan ekonomi kerakyatan seperti apa.
Karena pasar kaget ini merupakan penggerak ekonomi masyarakat ditingkat bawah," ungkapnya.
 
Tentu sebelum melakukan penertiban pemko harus bisa mengkaji apakah kehadiran pasar kaget ini meresahkan, jadi dengan adanya design tersebut sehingga saudara kita di pasar kaget tersebut memiliki harapan untuk melanjutkan hidupnya dan masyarakat juga tidak diberatkan.
 
"Untuk itu dalam design tersebut harus mencakup baik tempat, akses bagi mereka dan arah perkembangan kehidupan mereka seperti apa, sehingga tindakan pemerintah tidak bersifat sporadis, dan over reaction," ungkapnya.
 
Tentunya menyangkut perihal ini pemko juga harus memberikan peluang kepada masyarakat. Pemko harus mencari solusi yang baik mengenai pola perdagangan yang memihak kepada masyarakat, apakah dengan menghidupkan pasar tradisional.
 
Permasalahan terjadi karena pedagang pasar kaget yang ingin direlokasi ke pasar yang dibangun oleh pemko memiliki iuran yang memberatkan para pedagang yang biasanya hanya berdagang dua kali seminggu ini harus membayar full ataupun lebih sementara pendapatan mereka tidak mencukupi.
 
"Ini adalah bagian masalah yang harus diselesaikan oleh pemko, mereka berjualan dipasar kaget karena iuran tidak terlalu besar dan mereka tidak setiap hari ini yang nantinya menjadi masalah yang harus diselesaikan," lanjut Ade.
 
Adapun solusi yang ditawarkan oleh Dirinya adalah Kalau ingin menghidupkan pasar tradisional, sebaiknya pagi pasar tradisional dan sore hingga malam ada pasar kaget yang tempatnya sama dengan iuran yang disesuaikan dengan mereka.
 
Sehingga pedagang bisa hidup dan masyarakat juga bisa membeli disana.Design seperti inilah yang harus disiapkan pemko karena mereka berdagang sekedar untuk mencari hidup, kalau hal ini tidak ditindak lanjuti mereka harus mencari makan bagaimana.
 
Jadi dengan adanya ha tersebut perlu dipikirkan dan akses menuju pasar tersebut juga harus dibuat. (R06)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index