Pengusaha Norwegia Tertarik Berinvestasi di Pulau Rupat dan Jemur

Pengusaha Norwegia Tertarik Berinvestasi di Pulau Rupat dan Jemur
Salah satu pemandangan di Pulau Rupat Bengkalis

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Peluang bagi Provinsi Riau untuk mengembangkan potensi ikan laut. Pasalnya, investor asal Norwegia mulai lirik dua pulau di Riau untuk dikembangkan budidaya ikan. Dua pulau itu, yakni  Pulau Rupat Bengkalis dan Pulau Jemur Rokan Hilir (Rohil). 

 
Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Riau, Tien Mastika mengatakan, kalau pihaknya belum membicarakan sola perjanjian, namun investor Norwegia telah meninjau kedua pulau itu. 
 
"Perjanjian kearah sana belum ada, cuma mereka sudah melakukan peninjauan ke sana. Mereka baru sebatas survei-survei saja‎," katanya. 
 
Diterangkan Tien, survei ini dilakukan oleh tim Norwegia langsung untuk melihat apakah kondisi kelautan Riau sesuai dengan program kelautan yang akan mereka gunakan. Seperti yang telah mereka lakukan terlebih dahulu di Kabupaten Yapen, Papua. 
 
“Baru studi dulu, mereka ingin tahu apakah peraian kita cocok dengan budidaya laut yang diterapkan di Yapen, Papua," sambungnya. 
 
Tien menambahkan, Norwegia memang terkenal dengan negara penghasil ikan terbesar di dunia. Apabila perjanjian ini bisa benar-benar terlaksana bisa menambah pendapatan bukan hanya daerah namun juga negara.
 
“Mudah-mudahan tidak ada kendala dan hambatan signifikan.  Awalnya dengan studi  dulu untuk kecocokan dan kesesuaian, jika memang serius kita akan sambut dengan senang hati," pungkasnya. (R02/MCR)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index