Siak Segera Miliki Sentra Penyuluhan Kehutanan Pedesaan

Siak Segera Miliki Sentra Penyuluhan Kehutanan Pedesaan

SIAK SRI INDRAPURA (RIAUSKY.COM) - Kabupaten Siak Segera akan miliki Sentra penyuluhan kehutanan Pedesaan. Demikian disampaikan Kaban BPPKP Kabupaten Siak H.Syahrial SE, Rabu, 27 April 2016.

 
"Kami bersama Ketua Tim Bakorluh Provinsi Riau Rudi Formen telah berkunjung ke sejumlah tempat di Desa-desa pada tanggal 25 dan 26 April kemarin untuk memverifikasi dan mesurvei Desa  yang memenuhi Syarat guna dibuat Sentra Penyuluh Kehutanan," jelasnya.
 
Kami berharap potensi pedesaan berbasis kehutanan dapat ditingkatkan dan dioptimalkan karena bisa menjadi andalan komoditas masyarakat dalam berusaha meningkatkan kesejateraan hidupnya dengan tetap peduli konservasi. 
 
"Hal ini sejalan dengan semakin pentingnya kita menjaga hutan dan kawasan konservasi guna mencegah global warming. Maka dari itu kita perlu wadah untuk sosialisasi, kegiatan dan pusat informasi perihal kehutanan dengan wadah Sentra Penyuluhan Kehutanan pedesaan," tambahnya.
 
Sementara itu dijelaskan Rudi Formen dari Bakorluh Provinsi, Kita takjub dan salut dengan Upaya masyarakat Pedesaan calon dibentuknya Sentra Penyuluh Kehutanan Pedesaan(SPKP) karena bukti nyatanya kelihatan dari Kegiatan yang sudah dilakukan. 
 
Memang SPKP ini sebelumnya adalah Program dari Kementerian Kehutanan namun setelah itu Pemprov Riau meneruskannya karena kami lihat sangat urgen dan penting dalam upaya-upaya pencegahan kebakaran kehutanan, pelestarian keanekaragaman hayati, konservasi dan menjaga kawasan konservasi seperti Hutan Lindung, Suaka marga Satwa, Taman Nasional dan lainnya. 
 
Dari hasil pengamatan dan penilaian kami langsung kami sangat apresiasi sekali dengan Pemkab Siak karena desa yang diusulkan sangat memenuhi criteria dan syarat untuk dibentuk SPKP di Empat Desa yang diusulkan tersebut.
 
Seperti Desa mengkapan sudah memiliki Ekoswisata mangrovenya, Desa Rawa mekar Jaya sudah memiliki Masyarakat Peduli Api hasil Swadaya, Desa Merempan Hilir memiliki Potensi Kebun Buah Desa dan berdekatan dengan Buper Tengku Buang Asmara dan Desa Sialang Sakti yang salah satu sekolahnya sudah meraih Adiwiyata. 
 
"Ini diluar perkiraan kami sebelumnya karena dijaman seperti sekarang ini cukup sulit memiliki Masyarakat Pedulu Konservasi jika tidak ada pengerak yang bisa diteladani dilapangan. Kami berterima kasih dengan Penyuluh Kehutanan Swadaya Masyarakat(PKSM) yang ada di Kabupaten Siak binaan Dishutbun Kabupaten Siak karena walau mereka Swadaya namun bisa optimal mengaplikasikan pengetahuannya dimasyarakat sejauh ini," terangnya.
 
"Kedepannya kami sangat berharap semakin banyak PKSM terbentuk dan optimal mengadikan diri di masyarakatnya guna menciptakan Masyarakat yang makmur sejahtera berbasis konservasi dan pemberdayaan masyarakat dengan mengoptimalkan Hasil Hutan Bukan kayu(HHBK) seperti Budidaya tanaman, Budidaya Biota yang ada seperti perikanan, Ekowisata, jasa lingkungan dan lainnya seperti motto selama ini yang berbunyi masyarakat sejahtera hutan lestari," pungkasnya. (R08)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index