Resmi, BUS TMP Jumbo Beroperasi Layani Koridor Pelita pantai-Pandau

Resmi, BUS TMP Jumbo Beroperasi Layani Koridor Pelita pantai-Pandau
Bus Transmetro jumbo kembali beroperasi melayani penumpang trayek koridor Pelita Pantai-Pandau.

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Sebanyak sembilan unit bus Trans Metro Pekanbaru (TMP) ukuran besar yang baru selesai diperbaiki akhirnya resmi beroperasi Ahad, 1 Mei 2016.

 
Sembilan bus TMP ukuran besar yang beroperasi ini sebelumnya sempat mangkrak sejak tahun 2014 lalu. Jumlah seluruh bus TMP yang mangkrak sebanyak 20 unit.
 
Belakangan Pemko Pekanbaru menganggarkan biaya perbaikan untuk sembilan unit bus TMP. Sementara sisanya 11 unit lagi akan dianggarkan tahun ini.
 
"Hari ini sembilan unit bus TMP ukuran besar sudah kita operasikan. Semuanya kita operasikan di koridor satu yakni rute Pelita Pantai-Pandau," kata Kepala UPTD Pengelola Angkutan Perkotaan (PAP) Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kota Pekanbaru, Wisnu Haryanto.
 
Dengan dioperasikannya sembilan bus TMP ukuran besar ini, maka saat ini untuk koridor satu sudah dilayani oleh sebanyak 14 unit bus TMP. Rute yang masuk dalam koridor satu ini menurut Pemko Pekanbaru merupakan koridor terpadat.
 
Selama ini sebanyak 12 bus TMP ukuran sedang dengan kapasitas 35 orang melayani koridor satu. Namun bus yang dikelola oleh PD Pembangunan tersebut sebagian akan digeser ke koridor lain dan akan digantikan oleh bus ukuran besar dengan kapasitas penumpang 60 orang.
 
"Tapi tidak semua kita geser, yang sedang itu tetap akan kita pakai di koridor satu. Tapi jumlahnya kita kurangi, dari 12 yang ada sekarang kita akan pakai lima. Selebihnya akan digeser ke koridor lain yang membutuhkan tambahan armada," kata Wisnu.Sembilan unit bus Trans Metro Pekanbaru (TMP) ukuran jumbo beroperasi per hari ini.
 
Sementara, tarif BUS TMP ini sama dengan bus kecil yakni, Rp 4.000. "Ongkosnya sama dengan bus yang hijau (bus kecil), empat ribu rupiah," ungkap salah satu operatr di halte TMP, Wulan.
 
Kesembilan unit angkutan umum massal tersebut akan melayani penumpang pada koridor 1, yakni Jalan Sudirman-Pandau.
Selain itu, terdapat sedikit perbedaan pada petugas bus TMP ukuran jumbo ini. Setiap petugasnya mengenakan seragam biru, persis warna bus-busnya.
 
"Kalau seragam warna hijau berarti operator bus kecil, kalau bus yang besar pakai seragam biru," tutupnya. (R05)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index