Ndeh...TBS Sawit Riau Kembali Melemah, Ini Penyebabnya

Ndeh...TBS Sawit Riau Kembali Melemah, Ini Penyebabnya
Ilustrasi
PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Harga Tandan Buah Segar (TBS) sawit di Riau masih berfulktuatif. Bahkan Pada pekan ke 2 di bulan Mei 2016 memperlihatkan trend penurunan harga sebesar Rp  43,57.   
 
Kondisi ini menjadi perhatian untuk dapat dicarikan solusinya. Penurunan harga TBS sawit diharapkan tidak terus berlanjut hingga pekan mendatang.   
 
Seketaris Pemetaan Harga TBS sawit Dinas Pertanian Provinsi Riau, Rusdi mengatakan hal itu disebabkan karena beberapa faktor. Seperti karena perdagangan CPO pekan ini hanya berlangsung 3 hari karena bursa komoditi tutup sempena libur panjang    
 
"Jadi aktivitas ini juga berpengaruh terhadap permintaan. Kita harapkan ke depan harga TBS dapat kembali membaik,"paparnya.   
 
Ia menerangkan, harga CPO di bursa komoditas Indonesia dan Malaysia pada perdagangan pekan ini, terpantau turun. Pelemahan harga CPO ini masih terpicu oleh buruknya kinerja saingannya minyak sayur yang pada akhirnya memberikan sentimen lokal. Selain itu juga didorong oleh sedikit kenaikan produksi, dan lemahnya permintaan ekspor yang menekan harga sepanjang minggu.   
 
"Sementara itu harga CPO  di bursa komoditas Malaysia tampak mengalami pelemahan. Harga kontrak Juli 2016 yang merupakan kontrak paling aktif melemah sebesar minus 41 ringgit dan diperdagangkan pada posisi 2.552 ringgit," jelasnya. (R02)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index