Sambut Ramadhan, Warga Tualang Gelar Tradisi Mandi Balimau

Sambut Ramadhan, Warga Tualang Gelar Tradisi Mandi Balimau
SIAK SRI INDRAPURA (RIAUSKY.COM) - Sudah menjadi tradisi bagi umat muslim yang berada di kecamatan Tualang terutama masyarakat kampung pinang Sebatang, sehari menjelang ramadhan sudah menjadi tradisi bagi warga pinang sebatang untuk melakukan mandi balimau bersama dengan artinya membersihkan diri dari hadats dan kotoran.
 
Acara ini dihadiri dan dibuka  secara resmi oleh Bupati SiakDrs.H.Syamsuar.M.Sidan didampingi oleh Camat Tualang Zulkifli.S.Sos M.Si, Ahad, 5 Juni 2016.
 
Dalam sambutan Bupati Siak menyampaikan bahwa kegiatan tradisi ini perlu kita budayakan dan kita lestarikan, karena ini merupakan tradisi yang dilakukan oleh para orang tua kita sejak dulu yang sudah menjadi tradisi mereka setiap akan menyambut bulan Ramadhan.
 
Syamsuar mengharapkan semoga adat dan tradisi ini tidak hilang perlu kita turunkan kepada anak-anak kita secara turun temurun.
 
Dikatakan Syamsuar Saat ini kita telah ada  produk hukum sebagai acuan intuk mempertahankan adat Istiadat kita yang sudah ada di tengah masyarakat.
 
Disamping itu juga Syamsuar mengharapkan kepada masyarakat Siak, terutama masyarakat Tualang agar dapat menciptakan lapangan kerja baru demi peningkatan ekonomi, karena saat ini kita sama sama tahu bahwa daerah kita mendapat mengurangan APBD dukarenakan minyak turun, maka sangat berdampak perhadap pemabagunan dan ekonomi kita, maka dari kita harus pandai membaca situasi untuk mencari peluang-peluang yang bisa menstabilkan ekonomi kita.
 
Pemerintah kabupaten Siak juga telah melakukan berbagai upaya untuk mencari peluang dengan berbagai cara.seperti meningkatkan sektor pariwisata.Sektor olahraga dan lainnya.hal ini bertujuan untuk menciptakan siak di kenal oleh dunia luar, dan kita berharap agar orang luar tersebut bisa berkunjung kesiak.dan ini akan berimbas baik terhadap ekonomi masyarakat kita.
 
"Maka dari diharapkan masyarakat siak dapat melestarikan budaya, adat istiadat dan tradisi kita,karena ini adalah sebagai modal bagi kita untuk menjadikan siak sebagai daerah tujuan wisata." Jelas Syamsuar. (R08)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index