Adopsi Teknologi

Ir M Syarul Syarif: Swedia Punya Ideon Techno Park, Kita Punya Teknopolitan...

Ir M Syarul Syarif: Swedia Punya Ideon Techno Park, Kita Punya Teknopolitan...
Bupati Pelalawan HM Harris menerima cenderamata dari perwakilan pemerintah Lund Swedia.
LUND (RIAUSKY.COM)- Bupati Pelalawan HM Harris bersama Bupati Bantaeng, Provinsi Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah dampingi Kepala BPPT  RI Dr Ir Unggul Priyanto MSc, Deputi PKT BPPT, Deputi TAB BPPT, Kepala Bappeda Pelalawan Ir Syahrul Syarif, Direktur Pengembangan Inovasi Wilayah Spesifik dan Kepala Balai Bioteknologi BPPT, lakukan kunjungan kerja selama empat hari Swedia (13 -17 Juni 2016)
 
Demikian informasi ini disampaikan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Pelalawan Ir M Syahrul Syarif, Rabu, 15 juni 2016, dijelas Syahrul Syarif kunjungan kerja ini dimaksudkan untuk melihat dari dekat sistem teknologi canggih  kawasan Ideon Techno Park merupakan kawasan technopark terbesar di negara-negara skandinavia.
 
"ini kesempatan kita untuk belajar dan melihat kemajuan teknologi negara Swedia ini, di daerah kita, kita punya kawasan teknopolitan, kita berharap akan ada migrasi teknologi ke kawasan teknologi kita kedepanya,"tuturnya.
 
Rombongan Pejabat daerah dan Pejabat BPPT ini sebelumnya menempuh pejalan via udara ke swedia dengan waktu tempuh15 jam, transit di Doha, Qatar, sambung Ir M Syahrul Syahrif menambahkan hari pertama dan kedua di Swedia rombongan meninjau fasilitas Techno Park Ideon di Lund Swedia dan mengunjungi wilayah pertanian berbasis industri di wilayah Lund dan Malmo, 
 
"Selanjutya, rombongan Kepala BPPT, Bupati Pelalawan, Bupati Bantaeng, Deputi PKT, Deputi TAB, Kepala Bappeda Pelalawan, Dir. Pengembangan Inovasi Wilayah Spesifik dan Kepala Balai Bioteknologi BPPT,diterima dan berdiskusi dengan dengan  Tim Pengembangan Wirausaha Lund University yang terdiri dari Maria Flores (Regional Client Manger), Marie Lowegren (Sten K. Johnson Centre for Entrepreneurship) dan Sven Thore Holm (CEO Lundavision) membahs strategis pengembangan wirausaha di Kota Lund dan Ideon Kawasan Tecno Park,"jelasnya.
 
Dikatakan M Syahrul Sarif lagi, dihari ketiaga masih di Swedia rombongan bergerak menuju Provinsi Scania, Swedia Selatan disis diterima oleh Walikota Lund, Provinsi Scania, Swedia Selatan.
 
"Pihak pemerintahan walikota Provinsi Scania, Swedia Selatan saat sangat menyambuk kita dengan ramah. Selanjutnya kita mengikuti gelar pertemuan dengan pimpinan tertinggi kota ini, mereka memaparkan serta menjelaskan tentang sistem inovasi yang dilaksanakan pemerintah kota yang berkolaborasi dengan lund university dan dunia usaha yang menghasilkan pertumbuhan ekonomi di kota tersebut,"jelas Syahrul Sahrif. Kota Lund-nya sendiri merupakan kawasan teknopolitan yang sangat berhasil dan ekonominya tergantung pada keberadaan universitas dan wirausaha yang tumbuh dari sistem inovasi yang mereka terapkan. 
 
Jadi kata M Syahrul Melanjutkan kawasan Ideon Techno Park merupakan kawasan technopark terbesar di negara-negara scandinavia.
 
"Dari infomasi yang kita terima, kawasan inilah yang menjadi penopang pertumbuhan ekonomi Kota Lund. Kita tentu berharap Kabupaten Pelalawan dapat belajar dari keberhasilan Kota Lund tersebut dalam megembangkan sistem inovasi. Kondisi tersebut terutama didukung oleh keberadaan Lund University yang sudah berdiri sejak Tahun 1666, sementara di Kabupaten Pelalawan kita ada STTP."tutup Syahrul Syarif. (R11/a)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index