Meski Tak Punya Payung Hukum, Mas Irba: Program Plastik Berbayar akan Dilanjutkan

Meski Tak Punya Payung Hukum, Mas Irba: Program Plastik Berbayar akan Dilanjutkan
Mas Irba Sulaiman
PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Kebijakan kantong plastik berbayar untuk sementara ini dihentikan. Karena saat ini masih tahap evaluasi apakah akan dilanjutkan atau tidak.
 
Kabid Perdagangan Disperindag Pekanbarun Mas Irba H Sulaiman mendapatkan ifgormasi bahwa plastik berbayar akan dilanjutkan.
 
"Informasinya, akan dilanjutkan. Tapi kami masih menunggu surat resminya dari kementerian," katanya, Jum'at 5 Agustus 2016.
 
Untuk itu, Disperindag juga meminta pertanggungjawaban hasil realisasi dari uji coba plastik berbayar yang dilakukan beberapa waktu lalu. Jika perlu, Pihaknya akan mengumpulkan para pengusaha untuk mempertanyakan hal tersebut.
 
"Kita akan pertanyakan hal itu kepada mereka, menurun atau tidak pengguna plastik pasca diterapkan kantong plastik berbayar kemarin," sambung Irba.
 
Jika memang ada penurunan, kata Irba berapa persen dan jika sebaliknya juga berapa persen. "Kita disini bicara angka. Ayo kita diskusikan," tutur Irba.
 
Jika memang antara kuantitas dan biaya yang dikeluarkan tidak sebanding, Disperindag meminta kepada pemerintah pusat untuk mengevaluasi kebijakan plastik berbayar ini.
 
"Kalau tidak jelas peruntukkannya kami keberatan dan sudah dilaporkan ke pak wali. Selama ini, uang yang dipungut itu juga masih dipertanyakan kemana larinya," tutupnya. (R05)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index