Laju Pertumbuhan Penduduk Pekanbaru Menurun, Katanya karena Pengaruh Gerakan Ber-KB, Benarkah?

Laju Pertumbuhan Penduduk Pekanbaru Menurun, Katanya karena Pengaruh Gerakan Ber-KB, Benarkah?
Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan KB Kota Pekanbaru, M Amin

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Gencarnya Dinas Pengendalian Penduduk (disdslduk) Pekanbaru melakukam sosialisasi tentang keluarga berencana (KB) kepada masyarakat mulai menunjukan hasil.

Tercatat pada akhir 2017 terjadi penurunan pertumbuhan penduduk Kota Pekanbaru. 

Sebelumnya pertumbuhan penduduk kota Pekanbaru 4,5 persen setiap tahunnya.  Namun sekarang mengalami penurunan, menjadi 4,06 persen.

Hal itu terjadi disebabkan telah banyaknya masyarakat yang paham dengan program keluarga berencana.

Demikian diungkapkan Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Pekanbaru, Muhammad Amin kepada wartawan, Selasa (10/4).

Dikatakannya, saat ini jumlah penduduk Kota Pekanbaru 1.064. 000 jiwa, diprediksi dengan semakin gencarnya pemerintah menggalakkan program ber-KB dan adanya perencanaan yang baik (grand design) maka pada tahun 2035 jumlah Penduduk Pekanbaru mencapai 1,5 juta jiwa. 

"Program ber-KB tidak hanya fokus pada alat kontrasepsi saja, disini kita memberikan pemahaman kepada generasi muda dan pasangan usia subur untuk cakap dalam membangun rumah tangga yang berketahanan baik itu dari ekonomi, pendidikan dan aspek lainnya, " jelas Amin lagi. 

Amin mengakui, laju pertumbuhan penduduk Pekanbaru masih terbilang tinggi jika dibandingkan laju pertumbuhan penduduk nasional yang berada dibawah dua persen. 

"Seharusnya kita berada di bawah Nasional, tapi karena Kota Pekanbaru adalah kota jasa dan perdagangan makanya pertumbuhan penduduk kita didominasi dengan banyaknya pendatang yang masuk (migrasi)," pungkasnya. (R05/Kominfo)

Listrik Indonesia

#Pekanbaru

Index

Berita Lainnya

Index