Tekan Angka Kemiskinan, Ini yang Dilakukan Dinsos Pekanbaru

Tekan Angka Kemiskinan, Ini yang Dilakukan Dinsos Pekanbaru
Ilustrasi

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Saat ini,  Dinas Sosial (Dinsos) Kota Pekanbaru mencatat sebanyak 182.528 jiwa masyarakat Kota Pekanbaru berada di bawah garis kemiskinan.

Data tersebut merupakan data yang tercatat dari Basis Data Terpadu (BDT) Kementrian Sosial.

Kepala Dinas Sosial Kota Pekanbaru, Chairani, mengatakan, jumlah penduduk tersebut telah terverifikasi pada bulan Desember 2017 yang lalu, dan terus diperbaharui 2 kali dalam setahun. 

Verifikasi maupun validasi ini sebagai upaya untuk 'menertibkan' keluarga yang sengaja mengaku-ngaku miskin padahal mereka mampu. 

"Jika berdasarkan Basis Data Terpadu (BDT), ada 182.528 jiwa. Ini yang masuk dari BDT Dinas Sosial dan verifikasi terakhir Desember 2017. 

Dari jumlah tersebut, yang tergabung dalam Jamkesda dan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) baru berjumlah 77,835 ribu jiwa,"  ungkap Chairani, Ahad (27/5).

Dikatakan mantan Camat Tampan ini, jumlah tersebut terbagi dalam layanan Jamkesda sebanyak 34.996 jiwa, dan 42.839 lainnya masuk dalam Penerima Bantuan Iuran (PBI) Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) integrasi.

"Nah, Pekanbaru juga mendapatkan tambahan alokasi PBI JKN. Data lama kan ada 42.828. Kemudian, masyarakat yang tergabung dalam Jamkesda ini akan kita integrasikan ke PBI JKN," tutup Chairani. (R05/Kominfo)

Listrik Indonesia

#Pekanbaru

Index

Berita Lainnya

Index