Pantasan Gerah, Ternyata Pekanbaru Masuk Daftar 4 Kota Paling Panas di Indonesia

Pantasan Gerah, Ternyata Pekanbaru Masuk Daftar 4 Kota Paling Panas di Indonesia
Kota Pekanbaru

RIAUSKY.COM - Indonesia masuk dalam negara yang beriklim tropis. Hampir sebagian wilayah Indonesia memiliki suhu panas. Namun ada beberapa kota dikenal sebagai kota paling panas, khususnya wilayah Jawa dan kawasan Indonesia bagian selatan.

Hal ini lantaran suhu muka laut yang berada di Laut Jawa tak terlalu hangat sehingga pembentukan awan hujan sedikit. 

Berikut adalah 4 kota dikenal paling panas di Indonesia seperti dilansir Merdeka.com.

1. Bima, NTB
Kota Bima yang terletak di Nusa Tenggara Barat merupakan wilayah yang dikenal cukup panas. Di kota ini matahari bersinar terik sepanjang musim dengan intensitas penyinaran mencapai 39 derajat celsius. Dengan suhu yang cukup tinggi tersebut, Kota Bima dinobatkan sebagai kota terpanas di tahun 2014. Secara umum kondisi tanah di Kota Bima didominasi oleh gunung batu, hal ini menyebabkan rata-rata masyarakatnya bertani dengan menanam jagung dan tanaman keras lainnya.

2. Bekasi
Salah satu kota yang dikenal sebagai kota paling panas ialah Bekasi, Jawa Barat. Suhu di kota tersebut cukup tinggi bisa mencapai 35 derajat celsius. Panasnya Kota Bekasi ini dipengaruhi oleh tata guna lahan yang meningkat terutama industri, perdagangan dan permukiman.

3. Pekanbaru
Pekanbaru termasuk sebagai kota paling panas. Suhu maksimum di kota bergelar Kota Bertuah ini hingga 36 derajat celsius pada siang hari. Kota Pekanbaru adalah ibu kota dan kota terbesar di provinsi Riau. Kota ini merupakan salah satu sentra ekonomi terbesar di bagian timur Pulau Sumatera, dan termasuk sebagai kota dengan tingkat pertumbuhan, migrasi dan urbanisasi yang tinggi.

4. Medan
Di Provinsi Sumatera Utara, kota yang dikenal panas adalah Medan. Suhu di kota ini berkisar 30- 35 derajat celsius pada siang hari. Berdasarkan klasifikasi iklim Koppen, Medan memiliki iklim hutan hujan tropis dengan musim kemarau yang tidak jelas. (*)

Listrik Indonesia

#Pekanbaru

Index

Berita Lainnya

Index