Meski Serapan APBD Pelalawan Rendah, Bupati HM Harris Optimis Target Tercapai

Meski Serapan APBD Pelalawan Rendah, Bupati HM Harris Optimis Target Tercapai

PANGKALAN KERINCI (RIAUSKY.COM) -  Memasuki triwulan ke 3 di tahun 2018 ini, realisasi serapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Pelalawan masih berada diangka persentase sebesar 36,31 persen. 

Meski serapan ABPD tersebut masih rendah, namun Pemerintah kabupaten (Pemkab) Pelalawan Optimis target realisasi APBD Pelalawan tahun 2018 tercapai.

"Ya, kita akui realisasi serapan APBD hingga akhir Juli 2018 ini masih tergolong rendah yakni berada pada angka persentase sebesar 36,31 dari total belanja APBD 2018 Rp.1,5 Triliyun," ujar Bupati Pelalawan HM Harris, Selasa (31/7) di Pangkalankerinci. 

Lanjut Harris, dari angka tersebut, untuk realisasi serapan belanja tidak langsung (BTL) sebesar 41,44 persen. Sementara untuk realisasi serapan Belanja Langsung (BL)masih berada pada angka persentase 21,22 persen.

"Dan penyebab masih rendahnya serapan ABPD tersebut dipengaruhi faktor utamanya, karena program dan kegiatan masing-masing OPD baru saja dimulai. Selain itu, juga dipengaruhi akibat lambatnya proses tender proyek yang baru tuntas dilakukan penandatanganan kontrak, sehingga kontraktor belum mencairkan uang muka atau termin pekerjaan. Namun demikian, jika proses pencairan dimulai, maka kita yakni realisasi anggaran pasti akan semakin meningkat. Untuk itu, maka saya meminta dengan tegas agar seluruh PPK dan PPTK di 27 OPD Pemkab Pelalawan, dapat segera memulai pekerjaan dan program yang telah dianggarkan di APBD tahun 2018 ini," sebutnya. 

Sambung Bupati, dirinya sangat optimis target realisasi APBD diatas 80 persen ditahun 2018 ini akan tercapai jika seluruh OPD serius menjalani program kegiatan yang telah dianggarkan, baik fisik maupun belanja langsung.

"Dan jika realisasi serapan anggaran dapat mencapai 80 persen, maka pengelolaan keuangan dinilai sudah cukup optimal. Jadi, masih ada sisa waktu lima bulan untuk merealisasikan separan APBD ini hingga 31 Desember 2018 mendatang. Untuk itu, maka sekali lagi saya minta agar OPD mendahulukan kegiatan-kegiatan belanja langsung, karena akan langsung dinikmati masyarakat, dan serapan APBD-nya juga besar, sehingga realisasi serapan anggaran juga meningkat. Jadi, kita minta seluruh OPD serius serta mempercepat menjalani serapan APBD tahun ini dengan menjalankan program pembangunan yang dibiayai Pemerintah demi kesejahteraan masyarakat dengan baik dan maksimal," pungkasnya. (R09/Mcr)

Listrik Indonesia

#Pelalawan

Index

Berita Lainnya

Index