Berangkat ke NTB, GenBI Riau Serahkan Langsung Bantuan untuk Korban Gempa Lombok

Senin,10 September 2018 | 18:22:19 WIB
Berangkat ke NTB, GenBI Riau Serahkan Langsung Bantuan untuk Korban Gempa Lombok
Ket Foto :

LOMBOK (RIAUSKY.COM) - Bencana gempa bumi di Provinsi Nusa Tenggara Barat yang terjadi beberapa waktu lalu memberikan kesedihan yang mendalam khususnya bagi warga Lombok. 

Gempa tersebut telah merusak dan menghancurkan ratusan rumah masyarakat dan gedung-gedung sehingga masyarakat tidak memiliki tempat tinggal dan terpaksa tinggal di posko pengungsian yang tentu saja kurang layak untuk ditempati khususnya bagi bayi dan balita. 

Tidak hanya itu, gempa bumi di Provinsi NTB tersebut juga telah menelan cukup banyak korban sehingga memberikan kesedihan yang mendalam bagi keluarga yang ditinggalkan.

Mendengar bencana yang terjadi di NTB, cukup banyak masyarakat dan komunitas yang berbondong-bondong melakukan penggalangan dana untuk memberikan bantuan kepada masyarakat di NTB. 

GenBI Riau, termasuk salah satu komunitas yang melakukan hal serupa untuk mengumpulkan sebanyak-banyak bantuan bagi masyarakat di NTB. GenBI Riau telah melakukan penggalangan dana mulai dari tanggal 27 Agustus 2018 sampai dengan 5 September 2018. 

Menurut Wakil Ketua GenBI Riau, Wan Fitri Rahmah, setiap harinya GenBI Riau melakukan penggalangan dana dengan membangi menjadi 4 tim setiap harinya. Tidak hanya menggalang dana dengan meminta secara langsung ke masyarakat, pengumpulan dana juga dilakukan dengan menjual makanan kepada masyarkat. 

Selama 10 (sepuluh) hari penggalangan dana tersebut, GenBI Riau berhasil mengumpulkan dana sebanyak Rp22.421.300 dan ditambah dengan kas GenBI Riau sebesar Rp7.578.700,- sehingga donasi yang diberikan kepada masyarakat di Lombok sebesar Rp30.000.000,-.

"GenBI Riau berangkat dari Kota Pekanbaru menuju NTB pada tanggal 6 September 2018, keesokan harinya GenBI Riau bekerjasama dengan GenBI NTB membeli barang bantuan yang akan diserahkan kepada masyarakat," jelasnya. 

Dari Rp30.000.000,- dana yang terkumpul, GenBI Riau bersama GenBI NTB membeli barang seperti terpal, karpet, perlengkapan bayi, mukenah dewasa dan anak-anak, sarung , alat tulis, peralatan mandi, peralatan cuci, makanan dan buku bacaan. 

"Barang yang sudah dibeli tersebut didistribusikan kepada masyarakat di Desa Genggelang, Dusun Penjor, Dusun Monggal Bawah, Dusun Monggal Atas, Dusun Paok Rempek dan Dusun Gangga di Kabupaten Lombok Utara," ujarnya. 

Pertimbangan memberikan bantuan ke daerah tersebut yaitu daerah tersebut merupakan daerah yang terkena dampak gempa yang kurang mendapatkan supplies. 

Pada saat tiba di lokasi gempa, perwakilan GenBI Riau yang berangkat dapat merasakan kesedihan yang dialami masyarakat setempat, dimana banyak rumah masyarakat yang hancur dan tidak bisa untuk ditempati dan juga melihat anak-anak bayi dan balita yang harus tinggal di posko pengungsian yang tidak layak untuk ditempati.

Tidak hanya menyalurkan bantuan secara langsung, GenBI Riau juga bekerjasama dengan GenBI NTB melakukan kegiatan trauma healing kepada masyarakat setempat khususnya anak-anak. 

Adapun kegiatan yang dilakukan yaitu kegiatan belajar sambil bermain dengan membawa maskot dari GenBI NTB. Selain itu, GenBI Riau juga memberikan souvenir kepada anak-anak di Lombok Utara untuk memberikan kebahagiaan kepada anak-anak tersebut. 

"GenBI Riau mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang telah menyalurkan bantuannya kepada masyarakat melalui GenBI Riau. Kegiatan sejenis seperti ini selalu menjadi concern utama bagi GenBI Riau, tidak hanya Lombok, GenBI Riau akan terus berupaya menyalurkan bantuan kepada masyarakat/daerah yang membutuhkan dan menyalurkan sebanyak-banyaknya energi GenBI untuk negeri," pungkasnya. (R02/Rls)


FOLLOW Twitter @riausky dan LIKE Halaman Facebook: RiauSky.Com



 
Cetak Akses RiauSky.Com Via Mobile m.riausky.com
Loading...
#Bank Indonesia Index »
Tulis Komentar Index »
Loading...
IKLAN BARIS