Sasar Milenial, BI Riau Gelar Kampanye GNNT, 200 Siswa Dilibatkan

Sasar Milenial, BI Riau Gelar Kampanye GNNT, 200 Siswa Dilibatkan
Bank Indonesia Perwakilan Riau saat menggelar kampanye Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT)

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - 200-an siswa dari 18 SMA se Pekanbaru mengikuti kegiatan kampanye Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT), Kamis (22/11/18) di aula gedung Kantor Bank Indonesia Perwakilan Riau, Jalan Sudirman.

Kepala Bank Indonesia Perwakilan Riau Siti Astiyah usai membuka acara ini mengatakan adapun sasaran kampanye GNNT adalah generesi milenial yang jumlahnya mencapai 30 persen dari penduduk Indonesia.

"Generasi milenial merupakan generasi emas dengan segala fasilitas kemudahan dan akses internet," ujar Siti, Kamis (22/11/2018).

Ia mengatakan dibandingkan negara-negara ASEAN, penggunaan transaksi pembayaran berbasis elektronik yang dilakukan masyarakat Indonesia relatif masih rendah, sementara dengan kondisi geografi dan jumlah populasi yang cukup besar, masih terdapat potensi yang cukup besar untuk perluasan akses layanan sistem pembayaran di Indonesia.

"Untuk itu Bank Indonesia bersama perbankan sebagai pemain utama dalam penyediaan layanan sistem pembayaran kepada masyarakat perlu memiliki visi yang sama dan komitmen yang kuat untuk mendorong penggunaan transaksi non tunai oleh masyarakat dalam mewujudkan instrumen non tunai atau Less Cash Society (LCS)," terannya.

Sementara itu, Analis di Bidang Fungsi Analisis Sistem Pembayaran, Bank Indonesia Kantor Perwakilan Riau Riau, Vania Wardani mengatakan bahwa, GNNT ditujukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap penggunaan instrumen non tunai, sehingga berangsur-angsur terbentuk suatu komunitas atau masyarakat yang lebih menggunakan instrumen non tunai khususnya dalam melakukan transaksi atas kegiatan ekonominya. 

"Sebagai bentuk komitmen atas perluasan penggunaan instrumen non tunai, tambahnya, BI akan menjadikan GNNT sebagai gerakan tahunan yang didukung dengan berbagai kegiatan untuk mendorong meningkatkan pemahaman masyarakat akan penggunaan instrumen non tunai dalam melakukan transaksi pembayaran," pungkasnya.

Dalam acara ini, beberapa UMKM di Pekanbaru juga turut serta ambil bagian dengan membuka stand. 

Pada kesempatan tersebut, disiapkan juga mesin untuk transaksi dengan menggunakan non tunai. Jadi selain mendapatkan teori tentang GNNT, siswa bisa langsung mempraktekkannya di stand-stand UMKM yang ada. (R05/Kominfo)

Listrik Indonesia

#Bank Indonesia

Index

Berita Lainnya

Index