Teken MoU dengan Unilak, BI Riau Berikan Beasiswa kepada Mahasiswa PTS yang Berprestasi

Teken MoU dengan Unilak, BI Riau Berikan Beasiswa kepada Mahasiswa PTS yang Berprestasi

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Program beasiswa kepada mahasiswa berprestasi dari Perguruan Tinggi merupakan salah satu bentuk kepedulian BI di bidang pendidikan. Program ini mendukung program nasional untuk meningkatkan kapasitas SDM menuju Indonesia Unggul. 

Bank Indonesia juga telah memperluas cakupan pemberian beasiswa tidak hanya untuk mahasiswa dari perguruan tinggi negeri namun juga untuk mahasiswa perguruan tinggi swasta.  

Bertempat di Universitas Lancang Kuning, pada hari Jumat tanggal 27 September 2019, Pimpinan Bank Indonesia Pekanbaru melakukan penandatangan kerjasama Program Beasiswa Bank Indonesia Tahun 2019. 

Kerjasama ini ditandatangani oleh Dr. Hj. Hasnati, SH, M.H selaku Rektor Unilak dan Teguh Setiadi mewakili Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Riau dan dihadiri oleh calon penerima beasiswa. 

Sementara itu Teguh Setiadi kepala divisi Advisory dan Pengembangan Ekonomi BI perwakilan Riau menjelaskan beasiswa akan diberikan kepada 50 orang mahasiswa yang berprestasi. Beasiswa tersebut dapat digunakan untuk mendukung biaya pendidikan, tunjangan studi maupun biaya hidup.

Penerima beasiswa diutamakan mahasiswa dengan IPK minimal 3,00 (skala 4) dan berasal dari latar belakang keluarga ekonomi tidak mampu, aktif dikegiatan sosial yang bermanfaat bagi masyarakat, telah menyelesaikan 40 SKS atau tiga semester dan maksimal berusia 23 tahun saat menerima beasiswa serta tidak sedang menerima beasiswa dan/atau berada dalam status ikatan dinas dengan instansi lain. 

Untuk wilayah Provinsi Riau, beasiswa telah diberikan kepada mahasiswa dari Universitas Riau dan UIN Suska Riau, dengan jumlah penerima beasiswa sebanyak 100 orang setiap tahunnya. 

Tidak hanya memperoleh bantuan berupa biaya pendidikan, mahasiswa penerima beasiswa juga tergabung dalam suatu komunitas yaitu GenBI (Generasi Baru Indonesia) Riau. 

GenBI mendapatkan berbagai pelatihan secara berkala, terencana dan terarah untuk meningkatkan kompetensi individu dan mengembangkan karakter dan jiwa kepemimpinan agar mampu menjadi pemimpin di masa depan.

Sementara itu rektor Unilak menceritakan tentang Unilak yang telah berdiri sejak tahun 1982, diprakarsai oleh pemerintah provinsi Riau, saat ini telah ada 19 prodi S1, 16 prodi telah berakreditasi B, dua prodi akreditasi A, kemudian dua prodi Pascasarjana.

"Rata-rata yang kuliah dari Riau, dan juga provinsi tetangga. Di Unilak saat ini ada beberapa jenis beasiswa diantarnya beasiswa dari pusat, beasiswa dari provinsi Riau, beasiswa aspirasi, beasiswa PPA, dan beasiswa dari Unilak" ujar Rektor.

"Pemberian beasiswa kepada mahasiswa di Unilak sangat selektif, dan dari keluarga yang membutuhkan, memiliki nilai akademik yang baik, dan bersungguh-sungguh." Sebut Rektor.

Unilak- PTS pertama yang dilakukan kegiatan ini, beasiswa BI akan memberikan manfaat yang sebaik-baiknya, dan mampu menciptakan SDM Indonesia yang unggul. (Rls)

Listrik Indonesia

#Bank Indonesia

Index

Berita Lainnya

Index