BAN PT Ancam Tutup 200 Perguruan Tinggi

BAN PT Ancam Tutup 200 Perguruan Tinggi
Ilustrasi perkuliahan
JAKARTA (RIAUSKY.COM) - Dianggap  bermasalah, sebanyak 200 lebih perguruan tinggi bermasalah di Indonesia yang tengah diakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional (BAN) Perguruan Tinggi (PT) terancam ditutup.
 
Ancaman itu langsung disampaikan Kepala BAN PT, Mansyur Ramly. "Kita evaluasi mendalam. Kalau kita temukan itu abal-abal kita cabut akreditasinya," ujar Mansyur Ramly.
 
BAN PT menurutnya mendapatkan daftar perguruan tinggi bermasalah dari Kementerian Ristek dan Pendidikan Tinggi. Sebagian di antaranya didapat dari hasil inspeksi mendadak Menteri Ristekdikti, Muhamad Natsir.
 
Bahkan nama-nama perguruan tinggi tersebut dapat diakses langsung di situs resmi Kementerian Ristek dan Pendidikan Tinggi.
 
Ditambahkannya, perguruan tinggi tersebut diduga memiliki permasalahan dalam rasio guru dan dosen, serta penyelenggaraan pendidikannya. BAN PT akan mengevaluasi hal-hal tersebut, dan menentukan apakah perguruan tinggi itu layak diteruskan atau direkomendasikan untuk dicabut.
 
"Kalau kita buktikan betul bahwa proses pembelajaranya tidak sesuai dengan apa yang kita asses sebelumnya, maka BAN PT akan mencabut akreditasinya," tegas dia.
 
Dalam merekomendasikan pencabutan izin terhadap sebuah perguruan tinggi, BAN PT akan mempertimbangkan nasib-nasib mahasiswa.
Karena BAN PT tak ingin mahasiswa menjadi korban. (R02)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index