44 Kelurahan di Pekanbaru Ditetapkan Zona Merah Covid-19, Wali Kota Imbau Hati-hati, Hindari Kerumunan!

Senin, 03 Mei 2021 | 16:36:42 WIB
44 Kelurahan di Pekanbaru Ditetapkan Zona Merah Covid-19, Wali Kota Imbau Hati-hati, Hindari Kerumunan!
Ket Foto : Wali Kota Pekanbaru Dr H Firdaus ST MT

PEKANBARU (RIAUSKY.COM)- Kasus Covid-19 di Kota Pekanbaru kian mengganas. 

Hanya dalam beberapa pekan saja, sebanyak 44 Kelurahan di Pekanbaru dilaporkan berada pada zona merah Covid-19. Itu artinya, saat ini setengah dari wilayah Pekanbaru sudah berada di zona rawan Covid-19. 

Dilansir dari data Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru,  saat ini  sudah sebanyak  44 kelurahan dari 83 kelurahan yang ada berada di zona merah.

Terkait situasi itu,  Wali Kota Pekanbaru, Firdaus meminta masyarakat untuk lebih berhati-hati dalam menjalankan aktivitas, khususnya di luar rumah dan menekankan untuk lebih memperhatian penerapan protokol kesehatan.

"Kita mesti hati-hati dalam beraktivitas, kondisi penyebaran covid kini sudah semakin meluas," imbau Firdaus, Senin (3/5/2021).

Dengan pertambahan zona merah ini, sebut Firdaus, artinya, potensi dan risiko terpapar Covid-19 bagi masyarakat semakin tinggi. 

Disiunggung tentang lonjakan kasus ini, Firdaus mengungkapkan hal tersebut yang paling utama adalah banyak masyarakat yang abai dengan menerapkan protokol kesehatan.

''Banyak masyarakat yang menghabiskan waktu berkumpul atau berada di kerumunan, tanpa memperhatikan potensi terjadinya Covid-19. Kita ingatkanlah, tolong dipatuhi. Kita tak ingin gelombang kasus Covid-19 ini terjadi seperti di India, mari bekerja sama,'' imbau Wali Kota.

Karena itulah, salah satu langkah yang dilakukan Pemko Pekanbaru bersama aparat kepolisian adalah membuat penyekatan dan pembatasan aktivitas publik. 

''Kita menutup akses orang datang dan masuk ke Pekanbaru agar tidak terjadi lonjakan lebih jauh lagi,'' kata dia. 

Firdaus juga mengajak masyarakat Pekanbaru untuk tidak pulang kampung khususnya saat menyambut Idul Fitri kali ini. Karena berpotensi membawa atau tetular bagi keluarga di kampung halaman.

''Bila hendak bersilaturahmi, sementara ini tak apalah bila dilakukan secara virtual, untuk kebaikan dan keselamatan bersama. Hindari bertatap muka langsung, hindari berkumpul dan berada di kerumunan, gunakan masker dan selalulah menjaga kebersihan diri, khususnya tangan setelah bepergian keluar rumah,'' ajak Firdaus.(R02)


FOLLOW Twitter @riausky dan LIKE Halaman Facebook: RiauSky.Com



 
Cetak Akses RiauSky.Com Via Mobile m.riausky.com
Tulis Komentar Index »
IKLAN BARIS