Kapolres Siak apresiasi dukungan RAPP cegah karhutla

Kapolres Siak apresiasi dukungan RAPP cegah karhutla
Ilustrasi petani sawit.

SIAK (RIAUSKY.COM) - Kepala Kepolisian Resor Siak, AKBP Gunar Rahardianto mengapresiasi dukungan PT Riau Andalan Pulp and Paper dalam kegiatan pencegahan dan penanganan kebakaran hutan dan lahan di wilayah hukumnya.

"Kami kepolisian berterima kasih dukungan RAPP dalam kegiatan pencegahan dan penanganan karhutla. Karena apabila sudah terbakar, untuk memadamkannua sangat susah," kata AKBP Gunar di Kantor Bupati Siak, Kamis.

Seperti diketahui lahan di wilayah Siak adalah lahan gambut sehingga harus menggunakan tenaga ekstra. Dia mengaku sudah pengalaman kegiatan pemadaman api dengan TNI dan Manggala Agni sangat sulit disemprot, dengan water bombing juga takkan mati.

Jadi lanjutnya paling tepat bagaimana untuk mencegah karhutla itu terjadi. Oleh karena itu program desa bebas api oleh RAPP sangat efektif untuk mengajak masyarakat lebih perhatian terhadap bahaya karhutla.

"Karena karhutla ini pekerjaan rumah kita semua menyangkut harkat dan martabat bangsa. Akibat karhutla bisa menyebabkan turunnya citra negara," ujarnya.

Hal tersebut dikatakan saat penandatanganan kerjasama dan penyerahan penghargaan kepada empat desa bebas api di Kabupaten Siak. Direktur PT RAPP, Mulia Nauli menyampaikan pada tahun 2021 kemarin masyarakat Kampung (Desa) Teluk Lanus, Kecamatan Sungai Apit berhasil meminimalisir kebakaran hutan dan lahan kurang dari 1 hektare.

Oleh karena itu PT RAPP akan memberikan apresiasi atas upaya dan kebersamaan yang ditunjukkan oleh masyarakat dengan dana pembangunan infrastruktur sebesar Rp50 juta. Kemudian RAPP juga memberikan penghargaan kepada tiga kampung lainnya Lubuk Jering dan Olak, Kecamatan Sungai Mandau, dan Kampung Dayun, Kecamatan Dayun yang telah sukses dalam Program Desa Bebas Api menekan angka kebakaran di desa-desa tersebut sejak 2017–2022.

"Kami menyadari bahwa pencegahan kebakaran hutan dan lahan ini tidaklah akan berhasil tanpa dukungan dari semua pihak, terutama pada masyarakat, dan kita mengajak semua pihak untuk dapat bersama-sama melakukan pencegahan ini, " kata Mulia didampingi Sustainability Operations Manager, Craig R. Tribolet, Forest Protection & Conservation Manager, Dani Sumitran, SHR Manager, Samsuriya M. Hasyim, dan Community Development Operation Manager, Sundari Berlian.

Dikatakan Direktur RAPP bahwa sejak tahun 2014 lalu, PT RAPP telah bermitra dengan 39 desa/kelurahan di lima Kabupaten di Provinsi Riau dengan empat diantaranya di Kabupaten Siak. Total cakupan wilayah mencapai 803.684 ha yang telah berpartisipasi dan berhasil menurunkan tingkat kebakaran dari 4,279 ha pada tahun 2013 menjadi 532 ha pada tahun 2021. (*)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index