Siswa SMA Mutiara Harapan kembali dapat penghargaan dari Cambridge

Siswa SMA Mutiara Harapan kembali dapat penghargaan dari Cambridge

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Siswa SMA Mutiara Harapan kembali mendapatkan penghargaan dari Cambridge. Kali ini penghargaan diberikan kepada dua siswa SMA Mutiara Harapan atas kerberhasilannya memperoleh nilai ujian tertinggi se-Indonesia.

Dua siswa ini adalah Chante Olivier, siswa kelas X yang mendapatkan nilai tertinggi untuk pelajaran Geografi, dan Indah Goretty Simanjuntak, siswa kelas XII, atas perolehan nilai tetinggi dalam mata pelajaran Psikologi. www.aprilasia.com

Penghargaan dari Cambridge bukanlah yang pertama bagi SMA Mutiara Harapan yang berdiri sejak tahun 2013. Sebelumnya, sudah ada 5 penghargaan yang diterima oleh siswa SMA Mutiara Harapan atas prestasi perolehan nilai tertinggi se-Indonesia dan juga satu penghargaan untuk nilai tertinggi se-dunia.

Acara pemberian penghargaan tersebut diselenggarakan pada tanggal 22 Februari 2023 lalu di Golden Ballroom 1 dan 2, The Sultan Hotel, Jakarta. Penyerahan apresiasi diberikan oleh Kanjna Paranthaman, Direktur Regional Asia Tenggara dan Pasifik, Cambridge Assessment International Education dan Laurie Dobson, Kepala Promosi Perdagangan dan Investasi, dari Kedutaan Besar Inggris Jakarta.

Chante bersyukur bisa mendapatkan prestasi membanggakan ini. Dirinya membagikan beberapa trik sehingga ia mampu meraih nilai tertinggi di Indonesia. Setiap hari Chante selalu melakukan persiapan untuk topik yang akan dipelajari.

"Saat guru menjelaskan, jangan lupa membuat catatan penting dan tetap fokus pada penjelasan dari guru agar tidak melewatkan informasi penting sedikit pun. Persiapan yang dilakukan sebelum ujian adalah membahas kembali soal-soal latihan dan membaca catatan sebanyak mungkin," ujar Chante.

Hal senada disampaikan Indah. Dirinya juga membagikan kesannya saat mendapatkan kabar gembira ini. Dirinya tidak menyangka akan menjadi peraih nilai tertinggi se-Indonesia mengingat persaingan yang sangat ketat. Indah selalu berusaha memahami konsep dan kata kunci untuk setiap topik. Dia juga tidak menyarankan setiap siswa untuk menghapal kata demi kata atau teori karena itu hanya akan membuang waktu dan tenaga.

"Jika mengalami kesulitan dalam memahami konsep, cari sumber referensi terpercaya yang dapat memperluas wawasan atau dapat juga dengan membentuk diskusi kelompok," ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut Indah juga menceritakan pengalamannya saat belajar. Dirinya akan membaca buku berulang-ulang sambil berjalan agar tidak mengantuk. Dia juga menempelkan catatan-catatan penting di dinding kamarnya.

"Jadi, pada saat belajar kita dapat berkeliling untuk memahami setiap materi yang telah dicatat. Proses belajar seperti itu akan semakin menyenangkan," sebutnya.

Dengan prestasi yang luar biasa ini, kepala sekolah dan seluruh tenaga pendidik mengharapkan semua siswa semakin termotivasi untuk mengukir prestasi selama belajar di SMA Mutiara Harapan dan terus dapat memberikan kontribusi dalam peningkatan kualitas pendidikan di Provinsi Riau.

Sebagai informasi SMA Mutiara Harapa, yang berlokasi di Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan, merupakan satu-satunya sekolah Satuan Pendidikan Kerjasama (SPK) untuk jenjang SMA di Provinsi Riau.

Sekolah yang berada di bawah binaan PT RAPP ini menggunakan Kurikulum Cambridge, yang berpusat di Inggris, dan Kurikulum Nasional. Untuk kurikulum Cambridge, siswa secara rutin mengikuti ujian IGCSE dan Advanced (A) Level yang diujikan langsung oleh Cambridge.

Untuk memotivasi dan mengapresiasi kerja keras sekolah, guru dan peserta didik, setiap tahunnya, pihak Cambridge memberikan penghargaan kepada siswa Cambridge di seluruh Indonesia yang berhasil memperoleh nilai tertinggi dalam ujian Cambridge, yang disebut dengan Oustanding Cambridge Learner Awards (OCLA).

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index